Sukses

Melihat Berkibarnya Bendera Merah Putih di Berbagai Penjuru Indonesia

Pengibaran bendera Merah Putih selalu dilakukan saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Pengibaran bendera Merah Putih selalu dilakukan saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI.

Bahkan, pengibaran bendera Merah Putih tersebut bisa dilakukan selama satu bulan sampai 31 Agustus 2022 mendatang, tak hanya saat Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Tak biasa, sejumlah wilayah di Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih yang berukuran cukup raksasa atau bahkan di tempat tak biasa.

Misal salah satunya di Sulawesi Barat (Sulbar). Pada Sabtu 13 Agustus 2022, bendera Sang Saka Merah Putih ukuran raksasa dikibarkan di Teluk Mamuju.

Pengibaran bendera di atas permukaan laut ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

"Pagi ini, bersama-sama Forkopimda telah menyeberangkan Sangsaka Merah Putih sejauh 2 kilometer. Ini adalah pengibaran bendera 21x11 meter di permukaan laut, pertama di Indonesia. Ini aksi heroik," kata Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Tak hanya itu, pemerintah dan masyarakat membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 77 meter dan menancapkan bendera sebanyak 77 buah di pesisir Pulau Fani Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Pembentangan dan penancapan bendera di pulau terluar Indonesia wilayah Papua Barat perbatasan dengan Negara Palau tersebut, dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw didampingi Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema Kapolda Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Berikut melihat berkibarnya bendera Merah Putih di berbaga penjuru Indonesia berukuran rasasa maupun di tempat tak biasa dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Teluk Mamuju, Sulbar

Bendera Sang Saka Merah Putih ukuran raksasa dikibarkan di Teluk Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) Sabtu (13/8/2022). Pengibaran bendera di atas permukaan laut ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-77.

"Pagi ini, bersama-sama Forkopimda telah menyeberangkan Sangsaka Merah Putih sejauh 2 kilometer. Ini adalah pengibaran bendera 21x11 meter di permukaan laut, pertama di Indonesia. Ini aksi heroik," kata Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik.

Aksi pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh Pangkalan TNI-AL Mamuju (Lanal Mamuju). Akmal Malik memberikan apresiasi yang sangat besar terkait pengibaran bendera merah putih di laut.

Akmal mengatakan, masyarakat Sulbar bisa bangga dengan aksi heroik tersebut serta memaknai penyeberangan bendera merah putih dari pulau Karampuang ke bibir Pantai Mamuju dengan Indonesia agar lebih baik lagi.

"Maknanya bisa menyeberangkan Sulbar dari tidak baik ke arah yang lebih baik. Kita bangga, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Sulbar untuk bangkit menuju ekonomi yang lebih baik lagi," ujar Akmal.

Akmal berterima kasih atas keterlibatan setiap pihak, khususnya kekompakan OPD sehingga suksesnya kegiatan tersebut. Ia pun turut bangga dengan personil pangkalan AL Mamuju yang telah sukses mengibarkan bendera di laut.

"Ini berkat kerjasama seluruh pihak. Kita berharap acara ini kembali menggunggah rasa nasionalisme kita, bahwasanya Indonesia hadir untuk menyejahterakan masyarakat," ujar Akmal.

Akmal berharap, para ASN Pemprov Sulbar memaknai kegiatan itu juga bukan sekadar seremoni.

"Tetapi ini langkah awal berbuat baik untuk negara, berbuat baik untuk rakyat, berbuat baik untuk masyarakat Sulbar," tegasnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

2. Pulau Terluar Indonesia

Memperingati HUT ke-77 RI, Pemerintah dan masyarakat membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 77 meter dan menancapkan bendera sebanyak 77 buah di pesisir Pulau Fani Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu 13 Agustus 2022.

Pembentangan dan penancapan bendera di pulau terluar Indonesia wilayah Papua Barat perbatasan dengan Negara Palau tersebut, dipimpin langsung Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw didampingi Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema Kapolda Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pembentangan dan penancapan bendera Merah Putih tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022.

Dia mengatakan bahwa pulau Fani adalah pulau terluar perbatasan Indonesia dengan Negara Palau. Dahulu pulau tersebut dikuasai oleh nelayan-nelayan dari Negara Palau namun karena perjuangan para pendahulu sehingga menjadi bagian dari kedaulatan NKRI.

Karena itu, kata dia, kegiatan pembentangan dan penancapan bendera Merah Putih tersebut menunjukkan simbol negara bahwa negara hadir dengan kekuatan untuk menjaga kedaulatan pulau tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk menunjukkan rasa hormat kepada para pendahulu yang telah berjuang dengan darah dan air mata untuk mendapatkan kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

"Melalui kegiatan ini kita harus berjanji dalam hati untuk tetap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di pulau terluar wilayah Papua Barat," kata dia.

Sebagai anak bangsa yang ada di wilayah Papua Barat hanya satu tugas kita yakin mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan karya-karya yang nyata.

"Tidak perlu lagi berjuang dengan menyiapkan kekuatan dan sebagainya tetapi tugas kita hanya satu mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan darah, keringat dan semua pengorbanan para pendahulu kita," ujarnya yang dikutip dari Antara.

Waterpauw mencontohkan bahwa dirinya bisa berdiri berbicara sebagai pemimpin di bangsa Indonesia karena perjuangan para pendahulu bangsa ini.

 

4 dari 4 halaman

3. Seruni Point, Bromo

Pemkab Probolinggo melakukan pengibaran bendera merah putih raksasa 30 meter di Seruni Point, untuk menyambut HUT ke-77 RI.

Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menyatakan, Kegiatan ini melibatkan anak-anak sekolah dengan berpakaian khas adat Tengger Bromo dan anak-anak Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo.

Selain itu, juga dilaksanakan pembagian 10 juta bendera merah putih kepada pelaku wisata. Dimana bendera merah putih sebagai simbol negara mampu menguatkan kecintaan rakyat terhadap bangsanya dan bendera merah putih tetap harus berkibar.

"Momentum HUT RI ini merupakan tindak lanjut sehubungan dengan program yang dicanangkan Pemkab Probolinggo beberapa hari yang lalu, yaitu gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara gratis,”ujar Timbul Prihanjoko, Senin 15 Agustus 2022.

Bendera merah putih sepanjang 30 meter terbentang dibawakan anak-anak Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo dan anak-anak sekolah di Desa Ngadisari. Bendera raksasa dibentangkan mulai dari tangga Seruni Point hingga jalan.

"Ini sebagai upaya mengingat akan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Timbulnya Prihanjoko menjelaskan kegiatan ini juga dilakukan di wilayah dataran rendah beberapa waktu lalu yang dilakukan dengan meriah oleh masyarakat. Momentum HUT Kemerdekaan RI ini bisa menjadi sarana sebagai ajang untuk memperkuat persatuan dan keberagaman.

"Ini sebuah kesempatan bagi kita semua yakni menjaga dan terus dipertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.