Sukses

Panglima TNI Perkuat Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan dengan Prancis

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memperkuat kerja sama pertahanan dan keamanan dengan Prancis melalui pengadaan alutsista dan rencana latihan bersama.

Adapun rencananya, latihan tersebut akan diselenggarakan pada Mei 2023.

"Saya akan sangat tertarik dengan inovasi baru. Saya yakin, Anda (Prancis) akan menampilkan begitu banyak vendor, perusahaan, dan lain sebagainya,” kata Andika seperti dilansir dari Antara, Minggu (14/8/2022).

Disebutkan, Indonesia dan Prancis telah melakukan berbagai kerja sama khususnya di bidang pertahanan dan keamanan melalui pengadaan alutsista dan berbagai kerja sama lainnya.

Untuk itu, Andika melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi dari Angkatan Bersenjata Prancis untuk berdiskusi terkait beberapa rencana kerja sama yang akan berjalan.

TNI direncanakan akan melakukan latihan bersama dengan France Armed Forces, yang akan dilaksanakan secara gabungan. Dalam hal ini, TNI juga menjadi satu-satunya angkatan bersenjata di kawasan Asia Tenggara yang diundang secara langsung untuk berpartisipasi dalam latihan bersama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Akan Ikut

Andika sangat mendukung terlaksananya program latihan bersama ini, dan langsung memastikan, TNI akan berpartisipasi dengan mengirimkan Korps Marinir.

Dia berharap melalui latihan ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan prajurit TNI.

“Saya akan pastikan Marinir juga ikut untuk perkembangan yang signifikan bagi marinir,” kata Andika.

Andika mengatakan bahwa TNI akan terus berusaha menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai negara, termasuk Prancis, untuk terus mengembangkan kemampuan prajurit TNI.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Undang Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, M Taczanowski yang merupakan delegasi Prancis mengatakan bahwa pihaknya merencanakan untuk melakukan latihan bersama pada Mei 2023 dan mengundang Indonesia untuk turut berpartisipasi.

“Latihan kami rencanakan bulan Mei tahun depan. Namun, untuk perencanaan, dari tim perencana kami perlu menerima secara resmi keikutsertaan secepatnya,” kata Taczanowski.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS