Sukses

Sarinah Jadi Tempat Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan, Mensesneg: Punya Kenangan Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Pusat Perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat menjadi lokasi dihelatnya pameran arsip dan mobil kepresidenan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. Pameran arsip dan mobil kepresidenan pun telah resmi dibuka hari ini, Sabtu (13/8/2022).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktino meresmikan pembukaan pameran arsip dan mobil kepresidenan ini. Menurut Praktino, Sarinah lokasi yang strategis dan punya kenangan luar biasa bagi Indonesia.

"Ini lokasinya sangat bagus di Sarinah, punya kenangan yang sangat luar biasa, mewariskan karya seni, produk kreatif bangsa Indonesia," kata Praktino.

Pameran arsip dan mobil kepresidenan dipisahkan di dua lokasi berbeda di Sarinah. Mobil kepresidenan era Soekarno hingga Joko Widodo dipamerkan di luar gedung Sarinah, tepatnya di pelataran parkir selatan Sarinah.

Sementara itu, arsip kepresidenan dipamerkan di dalam Gedung Sarinah, tepatnya di belakang relief bersejarah atau di selasar pintu masuk utara Sarinah.

Praktikno berharap pameran arsip dan mobil keprsidenan tersebut tak hanya dinikmati secara fisik. Tetapi, kata dia juga dapat mengingatkan masyarakat akan perjuangan para pendiri bangsa.

"Dan ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan perjuangan beliau," ujar Pratikno.

Pada kesempatan ini hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Direktur Utama sekaligus Direktur Ritel Sarinah Fetty Kwartati, dan Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Imam Gunarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

7 Mobil Kepresidenan Dipamerkan di Sarinah

Sebanyak tujuh mobil kepresidenan akan dipamerkan di Sarinah hari ini hingga beberapa hari ke depan. Mobil pertama dengan merek atau type Buick Tahun 1939, pernah digunakan oleh Presiden RI 1 Soekarno.

Mobil kedua dengan spesifikasi merek Mercedes Benz S600 Guard Tahun 2008. Pernah digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo.

Mobil ketiga, dengan spesifikasi merek Mercedes Benz-Class E140 Tahun 1998. Kendaraan ini pernah digunakan oleh tiga Presiden RI, diantaranya Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Megawati Soekarno Putri, dan SBY.

Mobil keempat yaitu Mercedes Benz S280 Tahun 1980. Pernah digunakan Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Kelima, mobil Mercedes Benz S-Class W126, pernah digunakan oleh Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid

Sementara itu dua unit sedan Cadillac Fleetwood Brougham Tahun 1980, yang pernah digunakan oleh Presiden B.J. Habibie dan Tamu Negara dan Credential Duta Besar dipa

Sedangkan arsip berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia dalam pameran ini menampilkan kisah Presiden RI pertama Soekarna hingga Joko Widodo menjawab tantangan dan permasalahan di Indonesia dengan gaya dan citranya masing-masing.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS