Sukses

Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Bekasi

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah artefak bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Sahabat Nabi dipamerkan untuk umum di Gedung Juang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Pameran tersebut disambut antusiasme masyarakat. Banyak pengunjung yang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat barang-barang bersejarah milik Rasulullah SAW yang sangat jarang dijumpai.

Salah satu pengunjung, Kiki mengungkapkan kegembiraannya atas pembukaan pameran artefak Rasulullah yang sangat dinantikan umat Islam.

"Pameran ini sangat bagus sekali, karena dapat menambah wawasan pengetahuan kita dan melihat secara lebih dekat lagi tentang peninggalan Baginda Rasulullah SAW dan para sahabatnya," ujar Kiki.

Sedikitnya ada 10 artefak yang dipamerkan dalam pameran tersebut, yang mayoritas merupakan barang yang biasa dikenakan oleh Nabi dan para sahabatnya sehari-hari.

"Ada sepuluh item yang merupakan peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabat, seperti rambut, janggut, sandal, sorban, pedang, kemudian tongkat, yang dipamerkan di sini," kata Ferdi, salah satu tim Pameran Artefak Rasulullah.

 

2 dari 3 halaman

Syiar dan Dakwah

Menurutnya, pameran ini sekaligus sebagai syiar dan dakwah, agar masyarakat dapat lebih mengenal sosok Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

"Tujuannya syiar dan dakwah Islam ini agar umat Islam khususnya di Bekasi bisa mengenal lebih dekat sosok Rasulullah SAW dan para sahabatnya melalui benda-benda peninggalan Beliau," paparnya.

Ferdi menambahkan, pameran artefak Rasulullah ini akan digelar selama tiga hari ke depan, sampai dengan Minggu 7 Agustus 2022. Bagi masyarakat yang belum sempat datang ke pameran hari ini, bisa hadir di hari berikutnya sebelum pameran ditutup.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Artefak Darah Bekam Nabi Muhammad SAW

Jauh sebelumnya, Gus Miftah mengunjungi Pameran Artefak Barang Peninggalan Kanjeng Nabi Muhammad Saw dan Sahabat di Exhibition Hall Ground Floor Sleman City Hall, Sabtu sore, 23 April 2022.

Dari berbagai artefak itu, Gus Miftah ternyata kagum dengan artefak berupa darah bekam Nabi Muhammad saw.

"Terus terang, dari sekian barang peninggalan Nabi Muhammad saw yang ada di sini, yang paling saya kagumi adalah darah bekam beliau. Kalau rambut dan pedang saya sudah pernah melihatnya. Dengan barang peninggalan beliau yang lain, saya juga kagum," kata Gus Miftah, dikutip NU.

Gus Miftah pun menceritakan pada suatu masa ketika Nabi Muhammad saw selesai berperang dan mengeluarkan darah, bau darah yang menetes dari tubuh Nabi Muhammad sangat wangi. Hal ini menandakan begitu mulianya Kanjeng Nabi Muhammad saw.

"Anak-anak tidak hanya sekadar dikenalkan tentang cerita kehidupan Nabi saja, tetapi juga perlu dikenalkan dengan benda-benda peninggalan Nabi Muhammad saw. Tujuannya agar anak-anak semakin cinta dan kagum dengan Baginda Nabi Muhammad saw," pintanya.