Sukses

Polisi dan Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Biji Kokain ke Luar Negeri

Kepolisian Gagalkan Pengiriman Biji Kokain Lintas Negara

Liputan6.com, Jakarta Jajaran Subdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Bea Cukai, berhasil menggagalkan pengiriman biji kokain dari Indonesia ke luar negeri. Kepolisian telah berhasil menangkap satu orang dan telah ditetapkan tersangka.

Kasubdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Danang Setiyo Pambudi mengkonfirmasi hal tersebut. Danang mengamini jika ada satu tersangka yang sudah ditangkap oleh pihaknya.

"Betul, kita sudah tangkap satu tersangkanya, dia yang ngirim," kata AKBP Danang dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

AKBP Danang menceritakan, kasus ini berawal dari Bea Cukai mencurigai adanya barang yang kerap dikirm ke luar negeri. Bea Cukai pun berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menyelidiki kasus ini.

Kecurigaan Bea Cukai pun benar, dari hasil penyelidikan polisi pelaku kerap megekspor paket biji kokain ke luar negeri. Tercatat sudah lebih dari satu kali tersangka melakukan aksinya.

"Saat kita tangkap, ternyata dia baru mengirim satu paket ke pihak ekspedisi. Jadi total sudah kirim empat paket," terang Danang.

Polisi juga sempat menggeledah kediaman tersangka di kawasan Bandung, Jawa Barat. Di sana, polisi menemukan sebuah pohon dan ada biji kokain.

"Di rumahnya ada tiga pohon besar dan ada biji di dalam seperti toples. Kita masih kembangin dia dapat bijinya dari mana," kata Danang.

Polisi sendiri enggan membeberkan lebih detail terkait kasus ini. Sebab, Polda Metro Jaya bakal segera merilis kasus tersebut.

"Nanti disampaikan di Polda,"ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Penyebab Narkoba, Kenali Dampak dan Cara Mencegahnya

Ada berbagai penyebab narkoba yang mempengaruhi seseorang untuk menyalahgunakannya. Faktor-faktor tersebut penting untuk diketahui dan dipahami. Pasalnya, penyalahgunaan obat-obatan ini dapan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi seseorang dan juga masyarakat.

Narkoba sendiri adalah singkatan dari Narkotika dan obat-obatan terlarang. Mengutip dari situs milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

Selain narkotika, juga ada berbagai obat-obatan yang sering disalah gunakan. Obat-obatan ini sebenarnya memiliki manfaat baik dan digunakan untuk keperluan medis, akan tetapi penggunaan berlebihan bisa menimbulkan efek kecanduan pada seseorang.

Berbagai faktor penyebab narkoba sendiri harus diketahui dan dipahami oleh banyak orang. Penyebab narkoba bisa datang dari diri sendiri dan juga dari orang lain atau faktor lingkungan. Mengetahui dan memahami penyebab narkoba tidak hanya membantumu untuk menghindari diri dari jeratan narkoba, tetapi kamu juga bisa membantu untuk mencegah orang lain di sekitarmu dari jeratan tersebut.

 

Menurut sumber BNN, ada setidaknya 5 dampak narkoba terhadap seseorang yang meliputi:

A. Dehidrasi

Penyalahgunaan narkoba dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi kekurangan cairan. Apa bila hal ini terus terjadi maka seseorang bisa kejang-kejang, berhalusinasi, berperilaku agresif, dan menyebabkan rasa sesak dibagian dada. Efek jangka panjang dari dehidrasi ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak.

B. Halusinasi

Halusinasi adalah salah satu efek yang sering dialami oleh para pengguna narkoba, khususnya ganja. Selain itu, dalam dosis yang lebih besar, narkoba juga bisa menyebabkan rasa mual, muntah-muntah, rasa takut yang berlebihan, serta gangguan kecemasan. Penggunaan narkoba dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan berbagai masalah psikologis dan mental.

C. Menurunnya Tingkat Kesadaran

Penggunaan narkoba dalam dosis yang teralu tinggi bisa membuat tubuh seseorang menjadi terlalu rileks dan menyebabkan kesadarannya berkurang secara drastis. Kehilangan kesadaran bisa menyebabkan gangguan dalam koordinasi tubuh, membuat seseorang sering merasa kebingungan, merubah perilaku seseorang, dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya ingatan.

D. Kematian

Efek terburuk yang bisa terjadi pada penyalahguna narkoba adalah kematian. Ketika seseorang mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang overdosis. Menggunakan sabu-sabu, opium, dan kokain dalam dosis yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tubuh menjadi kejang-kejang dan bisa menimbulkan kematian apa bila tidak segera mendapatkan perawatan.

F. Gangguan Kualitas Hidup

Penyalahgunaan narkoba tidak hanya memberikan segudang dampak buruk bagi kesehatan seseorang, tetapi juga bisa mempengaruhi dan menurunkan kualitas hidupnya. Orang yang menggunakan obat-obatan bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi ketika sedang menjalani berbagai rutinitas sehari-hari termasuk bekerja. Tidak hanya itu, narkoba juga bisa membuat seseorang terlilit masalah ekonomi dan bisa membuatnya harus berurusan dengan pihak yang berwajib jika terbukti melanggar hukum.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Narkoba

Seperti yang telah dibahas, penyalahgunaan penyebab narkoba bisa memberikan segudang dampak negatif pada kesehatan dan kehidupan seseorang. Untuk itu, penting bagimu untuk mengertahui cara-cara untuk mencegah supaya tidak terjerat dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah terjerat narkoba yang dikutip langsung dari situs milik BNN Kabupaten Tanah Laut:

1. Jangan pernah untuk mencoba-coba menggunakan narkotika, kecuali atas dasar pertimbangan medis atau dokter.

2. Mengetahui akan berbagai macam dampak buruk narkoba.

3. Memilih pergaulan yang baik dan jauhi pergaulan yang bisa mengantarkan kita pada penyalahgunaan narkotika.

4. Memiliki kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga atau pun mengikuti kegiatan kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif baik kepada kita.

5. Selalu ingatkan bahwawasannya ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.

6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke bersama keluarga, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.

7. Bila mempunyai masalah maka cari jalan keluar yang baik dan jangan jadikan narkoba sebagai jalan pelarian.

 

Sementara faktor penyebab narkoba adalah:

A. Latar Belakang Riwayat Keluarga

B. Keliru Memilih Pergaulan dan Lingkungan Sosial

C. Depresi dan Rasa Cemas

D. Menurunnya Kepercayaan Diri akibat Trauma

E. Tidak Mampu Beradaptasi dengan Lingkungan

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.