Sukses

Istana Mulai Rangkaian HUT ke-77 RI dengan Zikir dan Doa Kebangsaan Hari Ini

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rangakain peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI akan dimulai pada Senin (1/8/2022) hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rangakain peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI akan dimulai pada Senin (1/8/2022) hari ini. Acara dibuka dengan acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka.

Adapun acara ini akan digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta sejak sore hingga malam ini. Heru menyampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan sejumlah tokoh lintas agama juga akan hadir dalam acara ini.

"Di 1 Agustus sore ini kita membukanya dengan acara zikir kebangsaan yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh lintas agama dan juga Bapak Presiden RI juga akan hadir di sore hari sampai dengan menjelang malam," kata Heru dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Selain itu, pihak Istana juga akan menggelar Pameran Arsip dan Mobil kepresidenan di Sarinah Thamrin Jakarta Pusat. Pameran ini akan berlangsung mulai 13 sampai 22 Agustus 2022 dan terbuka untuk umum.

"Di arsip kepresidenan ini nanti akan banyak ya hal-hal baru yang akan kita pamerkan," ucap Sekretaris Menteti Sekretariat Negara, Setya Utama.

Setya menuturkan pihak Istana akan memamerikan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen-dokumen yang sebelumnya belum pernah dilihat masyarakat. Pameran ini mengangkat tema 'Indonesia Menjawab'.

"Kita akan lebih menekankan bagaimana para presiden, 7 presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing," ujarnya.

Tak hanya itu, kata dia, mobil-mobil yang pernah dipakai oleh mantan presiden dan presiden yang dipamerikan di halaman parkir Sarinah. Dengan begitu, masyarakat bisa melihat mobil-mobil tujuh presiden yang pernah memimpin Indonesia.

"Untuk arsip ini semua koleksi kita yang bagus-bagus dan juga ditambah dengan koleksi dari arsip nasional juga akan kita pamerkan," tutur Setya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Berikan Anugerah Tanda Kehormatan

Selanjutnya, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional akan diselenggarakan pada 10 Agustus 2022. Kemudian, upacara peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Negara pada 11 Agustus.

Selang sehari, Presiden Jokowi akan memberikan anugerah Tanda Kehormatan pada 12 Agustus 2022 di Istana Negara. Lalu, Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan dilaksanakan pada 15 Agustus di Istana Negara.

"Kemudian ada ini yang menarik buat terutama ibu-ibu dan semua masyarakat ini ada Hari Belanja Diskon Indonesia yang dimulai tanggal 15 Agustus," jelas Setya.

Dia mengatakan Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian RUU APBN tahun 2023 yang setiap tahun digelar akan dilaksanakan sehari sebelum Upacara HUT ke-77 RI atau pada 16 Agustus. Pidato akan disampaikan Presiden Jokowi di Gedung DPR/MPR RI.

Pada 16 Agustus 2022 malam, Jokowi akan melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Setelah itu, Upacara HUT ke-77 RI akan dilakukan di Istana Merdeka.

"Di tanggal 18 (Agustus) ada peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI. Kemudian, sebagai penutup di Taman Mini Indonesia Indah akan dilaksanakan Festival dan ini juga akan digabungkan antara peringatan kemerdekaan dan juga kita menyambut tamu-tamu G20 nanti dengan festival Arab Saudi of Archipelago di TMII," pungkas Setya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.