Sukses

Moeldoko: Indonesia Harus Jadi Pemain Utama Pengembangan Mobil Listrik Global

KSP Moeldoko menekankan pentingnya Indonesia menjadi pemain utama dalam pengembangan kendaraan listrik global.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menekankan pentingnya Indonesia menjadi pemain utama dalam pengembangan kendaraan dan mobil listrik global.

Menurut mantan Panglima TNI ini menuturkan, Indonesia memiliki sumber daya luar biasa yang menjadi pendukung kendaraan dan listrik.

"Kita harus mensyukuri anugerah ini dengan melakukan lompatan besar. Jangan hanya jadi penonton, tapi harus jadi pemain utama dalam pengembangan mobil listrik global," kata Moeldoko saat menghadiri Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, di Jiexpo Kemayoran Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Dalam kesempatan ini, Moeldoko turut menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan. Bersama selebriti Uya Kuya, Moeldoko membawa mobil buatan Wuling tersebut mengaspal di atas arena test drive, yang ada di dalam ruangan pameran.

"Nyaman sekali, karena suaranya tidak bising, kecepatannya juga kenceng, jadi nggak usah khawatir kalau mobil listrik seolah-olah nggak bisa lari cepat. Ini bisa," ujarnya usai menjajal.

Moeldoko meyakini gelaran PEVS 2022 akan memicu dan memacu pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih, saat ini pemerintah telah mendorong transisi dan konversi kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik.

"Memicu bagi calon pengguna, dan memacu bagi produsen untuk memproduksi kendaraan listrik secara massif," jelas Moeldoko.

"Pameran ini ajang pembuktian bahwa mobil listrik itu tidak seribet yang dipikirkan calon pengguna. Di sini ditunjukkan, bagaimana kemudahan penggunaan mobil listrik dan chargingnya, begitu juga dengan kesiapan stasiun pengisian daya," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Moeldoko Yakin Indonesia Mampu Kembangkan Kendaraan Listrik

 

Sebagai informasi, pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, digelar 22-31 Juli 2022. Pameran ini menghadirkan puluhan merek roda empat dan roda dua.

Selain itu, pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia ini juga memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung. Salah satunya, test drive kendaraan listrik di dalam ruangan.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakin, ke depan harga mobil listrik di Indonesia bisa lebih murah. Pasalnya, dengan seiring berjalannya waktu, akan ada teknologi terbaru yang akan membuat banderol kendaraan ramah lingkungan ini lebih terjangkau untuk masyarakat.

"Untuk pertama seperti itu, karena memang harga hampir 50 persen harga dari mobil cost-nya ada di baterai," ujar pria yang akrab disapa Jokowi ini, saat mengunjungi Kawasan industri GTerpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah, seperti dikutip dari youtube resmi Sekretariat Presiden, Rabu 8 Juni 2022.

3 dari 3 halaman

Jokowi Yakin Harga Mobil Listrik di Indonesia Bisa Lebih Murah

 

Lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo ini, jika nantinya industri pendukung seperti pembuatan baterai sudah ada di Indonesia, dan akan dibangun dari hulu sampai hilir akan membuat harga mobil bisa lebih turun lagi.

Pemerintah saat ini juga terus mendorong pembangunan ekosistem kendaraan listrik, dan Indonesia memiliki potensi untuk bisa menjadi pemain utama di pasar dunia.

"Kalau nanti ketemu teknologi baru, ketemu teknologi baru baru, harga akan semakin murah, semakin murah, semakin murah," tegasnya.

Indonesia sendiri menjadi negara yang cukup potensial din pasar kendaraan listrik, dengan memiliki banyak bahan baku utama pembuatan baterai, yaitu kobalt.

"Apalagi dibangun di Indonesia, di tempat di mana nikelnya ada, kobalnya ada, sehingga semuai dikerjakan dari hulu sampai hilir, itu akan bisa menekan biaya yang paling murah sehingga kompetitif. Saya rasa, ini masalah teknologi saja," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • KSP