Sukses

PKS Sarankan Jokowi Cari Pengganti Tjahjo Kumolo: Jangan Lebih dari 1 Bulan

Ketua DPP PKS yang juga Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera menyarankan pemerintah tidak membiarkan MenPAN-RB kosong lama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PKS yang juga Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera menyarankan Presiden Jokowi tidak membiarkan possi MenPAN-RB kosong lama.

Saat ini, MenPAN-RB untuk sementara digantikan oleh ad interim Menko Polhukam Mahfud Md usai meninggalnya Tjahjo Kumolo.

"Hak Pak Jokowi untuk mensegerakan atau menunda satu bulan ke depan. Tapi jangan lebih dari satu bulan," ujar Mardani pada wartawan, Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, kekosongan kursi menteri yang terlalu lama akan berdampak pada kinerja di Kementerian tersebut. "Satu bulan waktu terlama untuk mengisi kekosongan. Setelah itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya," tuturnya.

Terkait pengganti Tjahjo, Mardani menilai tidak harus dari kalangan partai, melainkan sosok siapa saja yang kompeten.

"Cari yang terbaik. Tidak harus dari partai. Karena reformasi birokrasi satu dari lima program utama Pak Jokowi," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukacita

Selain itu, Mardani juga menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. Apalagi Komisi II adalah rekan kerja KemenPANRB.

"Duka mendalam untuk keluarga almarhum. Pak Tjahjo pribadi sederhana dan fokus dalam bekerja. Kami Komisi II DPR RI merasakan kehilangan yang besar," katanya.

Kepada pejabat dan jajara KemenPAN-RB sepeninggal Tjahjo, Mardani meminta tetap bekerja seperi biasa untuk mengawal kerja reformasi birokrasi ASN, abdi negara.

"Saya mendorong KemenPAN-RB terus memajukan diri menjaga, mengawal dan mengorkestrasi para ASN, abdi negara, untuk melayani sepenuh hati dengan sikap profesional," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Meninggal

Diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang. Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.