Sukses

Top 3 News: Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap Beserta Artinya

Ibadah puasa Dzulhijjah yang dianjurkan dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait ibadah puasa Dzulhijjah yang dianjurkan dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Seperti diketahui, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah memang penuh keistimewaan.

Selain puasa Dzulhijjah, ada pula puasa Tarwiyah dan Arafah yang bisa dilakukan. Ketiga amalan puasa tersebut merupakan amalan yang dapat dilakukan dari awal bulan Dzulhijjah hingga sebelum Hari Raya Idul Adha.

Untuk durasinya, sama seperti puasa pada umumnya, yakni dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Bagi orang yang memiliki utang puasa Ramadan, diperbolehkan mengqadanya bersamaan puasa sunah Dzulhijjah.

Kemudian, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan rombongan terbatas pada Selasa 28 Juni 2022 berangkat menuju Kota Kiev, Ukraina.

Presiden Jokowi berangkat ke Ukraina dengan menggunakan kereta api dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, pukul 21.15 waktu setempat.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal kabar terkini kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Kasus tersebut saat ini menurut polisi telah naik dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan. Menanggapi hal tersebut, Roy Suryo menyatakan siap bersikap kooperatif demi membantu pihak kepolisian mengungkap kasus ini secara terang-benderang.

Roy Suryo juga membenarkan, status perkara yang ditangani penyidik Polda Metro Jaya saat ini telah meningkat ke tahap penyidikan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 29 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Simak Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap Beserta Artinya dan Keutamaannya

Puasa Dzulhijjah merupakan ibadah yang dianjurkan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 10 hari pertama bulan Dzulhijjah memang penuh keistimewaan. Bulan terakhir dalam penanggalan Hijriah ini penuh dengan kesempatan untuk mendapatkan pahala.

Selain puasa Dzulhijjah, ada pula puasa Tarwiyah dan Arafah yang bisa dilakukan. Ketiga amalan puasa tersebut merupakan amalan yang dapat dilakukan dari awal bulan Dzulhijjah hingga sebelum Hari Raya Idul Adha.

Selain ibadah haji, kurban dan tentunya Salat Idul Adha, umat Islam juga bisa mengamalkan ibadah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah di bulan ini.

7 hari pertama bulan Dzulhijjah disebut juga puasa Dzulhijjah, hari ke-8 merupakan puasa Tarwiyah, dan hari ke-9 merupakan puasa Arafah.

Amalan puasa Dzulhijjah juga merujuk pada sabda Rasulullah SAW:

"Tidak ada hari di mana amal salih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Tidak juga dari jihad fi sabilillah?' Beliau menjawab, 'Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya."

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Potret Jokowi dan Iriana Berangkat ke Ukraina dengan Kereta Luar Biasa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kota Kiev, Ukraina, Selasa 28 Juni 2022. 

Jokowi berangkat ke Ukraina menggunakan kereta api dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, pukul 21.15 waktu setempat.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina. Kereta ini juga digunakan oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Jokowi dan rombongan diperkirakan tiba di Kiev, ibu kota Ukraina keesokan harinya. Perjalanan dari Polandia ke Ukraina diperkirakan akan memakan waktu sekitar 12 jam.

Jokowi sendiri tampak mengenakan jaket bewarna biru dongker dan celana hitam. Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Jokowi berangkat ke Ukraina melalui Polandia. Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kasus Stupa Naik ke Penyidikan, Ini Respons Roy Suryo

Polisi mengaku telah menaikan perkara dugaan penistaan agama yang menyeret Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan.

Menanggapi hal ini, Roy Suryo menyatakan siap bersikap kooperatif demi membantu pihak kepolisian mengungkap kasus ini secara terang-benderang.

"Saya selaku warga negara yang baik dan mengerti hukum mengapresiasi upaya kepolisian untuk mengusut tuntas Kasus tersebut," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu 29 Juni 2022.

Roy Suryo membenarkan, status perkara yang ditangani penyidik Polda Metro Jaya saat ini telah meningkat ke tahap penyidikan. Ini, kata dia dalam rangka menyidik siapa-siapa pelaku yang sebenarnya secara hukum.

"Makanya besok sekalian akan saya sampaikan detailnya, agar masyarakat tidak diprovokasi oleh BuzzerRp dengan gorengan-gorenan yang menyesatkan," ujar Roy Suryo.

Roy dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan sebagai pelapor di Polda Metro Jaya, Kamis 30 Juni 2022.

Roy sendiri telah melaporkan sejumlah akun twitter atas tuduhan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menyebarkan permusuhan, rasa kebencian kepada individu atau kelompok berdasarkan suku agama atau RAS.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.