Sukses

Rakernas Nasdem, Erick Thohir Masuk Tiga Besar Diusulkan Maju di Pilpres 2024

Rakernas Nasdem, Nama Erick Thohir Berjejer dengan Anies dan Ganjar untuk Maju di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi nama yang paling banyak disebut dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem. Lebih dari 15 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) mengusulkan Erick Thohir sebagai calon presiden yang diusung NasDem.

Nama Erick Thohir berjejer dengan berbagai figur lainnya, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Sementara dari internal partai NasDem muncul sejumlah nama seperti Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moeridjat, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sekertaris Steering Committee Rakernas, Willy Aditya mengatakan pada rakernas kali ini setiap DPW boleh mengusulkan tiga hingga lima nama capres. Nantinya, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh yang akan mengumumkan siapa tiga nama dengan usulan terbanyak.

“Ketua Umum Partai NasDem, Pak Surya Paloh akan membacakan tiga nama itu pada malam penutupan 17 Juni 2022,” ujar Willy.

Sementara, hubungan antara NasDem dan Erick Thohir memang terlihat dekat. Bahkan, pada silaturahmi nasional Parta NasDem beberapa waktu yang lalu, Erick Thohir mendapat undangan secara khusus untuk menghadiri acara tersebut.

Surya Paloh juga menyatakan Erick Thohir sebagai figur muda dan rising star Indonesia. Pernyataannya itu disampaikan langsung di hadapan Erick Thohir dan disaksikan oleh kader NasDem se-Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Anies, Erick hingga Andika

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya membenarkan bahwa Sidang Pleno Pertama Rakernas NasDem sudah selesai digelar. Hasilnya, sebanyak 34 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) partai NasDem di 34 provinsi sudah menyetorkan tiga sampai lima nama calon presiden 2024.

Secara total ada 25 nama berbeda yang direkomendasikan oleh masing-masing DPW. Menurut Willy, nantinya akan mengerucut 3 nama yang akan menjadi rekomendasi NasDem untuk Pilpres 2024.

“Ya nama-nama hari inilah dan tidak akan ada ujug-ujug (nama berbeda). Namanya kan aspirasi wilayah. Jadi nama-nama itulah kami sarikan nanti jadi tiga nama,” jelas Willy saat jumpa pers saat Rakernas Partai NasDem di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Willy memastikan 25 nama itu adalah sosok yang dipilih dan dipercaya oleh segenap kader Partai NasDem di 34 provinsi. Nantinya nama-nama itu akan diketahui oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan pada malam puncak rakernas besok, tiga nama yang akan keluar sebagai hasil rekomendasi Partai NasDem untuk 2024.

“Jadi kita serahkan sepenuhnya kepada Pak Surya untuk membangun komunikasi politik, 3 nama itu baru akan kita umumkan 17 malam (besok) di pidato penutupan dan Pak Surya sendiri yang akan membacakan nama-nama tersebut kepada publik.,” jelas Willy.

Bila melihat nama-nama tersebut, Prabowo Subianto tidak masuk dalam rada DPW Partai NasDem. Menanggapi hal itu, Willy memastikan bahwa hal itu adalah murni suara DPW dan dirinya enggan menanggapi secara teknis.

“Teman-teman bisa simpulkan kalau nama itu ada berarti silakan terjemahkan sendiri sana tanya sama pengamat aja nanti,” Willy menandasi.

3 dari 3 halaman

Berikut Urutan 25 Nama yang Diusulkan di Pilpres

Berikut daftar 25 nama penjaringan dari 34 DPW berdasarkan daftar yang diterima Liputan6.com dalam Rakernas Partai NasDem:

1. Anies Baswedan

2. Ganjar Pranowo

3. Erick Thohir

4. Rachmat Gobel

5. Andika Perkasa

6. Syahrul Yasin Limpo

7. Lestari Moerdijat

8. Prananda Surya Paloh

9. Ahmad Sahroni

10. Ridwan Kamil

11. Khofifah Indar Parawansa

12. Dudung Abdurachman

13. Mathius Awoitauw

14. Ahmad Ali

15. Viktor Laiskodat

16. Siswono Yudo Husodo

17. Herman Deru

18. Surya Paloh

19. Isran Noor

20. Tuan Guru Bajang

21. Sandiaga Uno 22. Wahidin Halim

23. Siti Nurbaya Bakar

24. Sofyan Kalio

25. Syarif Fasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.