Sukses

Pencarian Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Terkendala Kondisi Air Keruh

Emmeril atau karib disapa Eril itu terseret arus sungai Aare, kota Bern, Swiss, sejak Kamis 26 Mei 2022. Kala itu ia sedang berenang bersama adik dan temannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, masih belum membuahkan hasil hingga berita ini ditayangkan.

Emmeril atau karib disapa Eril itu terseret arus sungai Aare, kota Bern, Swiss, sejak Kamis 26 Mei 2022. Kala itu ia sedang berenang bersama adik dan temannya.

"Pada sesi sore kemarin, fokus area pencarian adalah antara pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde dengan menggunakan perahu. Hingga pukul 7 malam waktu setempat, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan," tulis Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern dalam siaran pers diterima, Senin (30/5/2022).

Menurut laporan otoritas setempat yang diterima pihak KBRI Bern, pencarian Eril tengah terkendala cuaca. Sebab, air di sungai saat ini tengah keruh akibat lelehan salju pegunungan.

"Menurut Polisi Maritim, proses pencarian pada hari ini masih terkendala oleh tingkat kekeruhan air yang bersumber dari partikel lelehan salju," jelas KBRI Bern.

KBRI Bern memastikan, pencarian Eril tidak akan dihentikan. Otoritas setempat akan melanjutkan hari ini sejak pagi hari waktu setempat.

"Pencarian kembali dilanjutkan hari ini (30/5), pencarian dimulai di pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, yang dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern,” ungkap KBRI Bern

Untuk metode digunakan, pencarian di sesi pagi akan dilakukan dengan boat search dengan menggunakan teropong untuk memantau situasi bawah air. "Area pencarian saat ini telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili," tutur KBRI Bern.

Diberitakan sebelumnya, KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Swiss, pada hari Kamis (26/5) pukul 11.24 waktu setempat.

Upaya pencarian anak Ridwan Kamil oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone. Upaya pencarian intensif telah berlangsung selama empat hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Hilangnya Anak Ridwan Kamil

Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di Swiss.  Musibah yang terjadi pada Emmeril Khan Mumtadz itu terjadi di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengungkapkan, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan pendidikan S2. 

Saat kejadian, Ridwan Kamil tengah melakukan perjalanan di Inggris untuk melakukan kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ungkap Elpi dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

Elpi juga membeberkan kronologi hilangnya pria yang biasa dipanggil Eril di Swiss.

 "Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," cerita Elpi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.