Sukses

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Landa Sejumlah Provinsi di Indonesia, Minggu 29 Mei

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Minggu (29/5/2022).

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG yang dilansir Antara, sejumlah provinsi yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sementara daerah yang berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

BMKG juga meminta untuk mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter antara lain di area Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau untuk selalu waspada.

Peringatan gelombang tinggi tersebut berlaku mulai Minggu (29/5) pukul 07.00 WIB hingga Senin (30/5) pukul 07.00 WIB.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cuaca Jakarta Hari Ini

Cuaca di sebagian besar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang serta Bekasi (Jabodetabek) cerah berawan pada pagi ini, Minggu (29/5/2022).

Untuk daerah DKI Jakarta, cuaca cerah tersebut terjadi hingga malam nanti. Namun, patut diwaspadai adaya potensi hujan angin di Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara. 

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Kepulauan Seribu dan Jakut pada dini hari hingga menjelang pagi hari," jelas BMKG di peringatan dini cuaca hari ini, Minggu. 

Sementara di daerah penyangga Jakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap potensi hujan angin siang hingga sore hari. Kondisi tersebut dilaporkan terjadi di wilayah Bogor.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga menjelang malam hari di Kabupaten Bogor," kata BMKG.

Sedangkan siang hari, hujan intensitas ringan turun merata di ketiga kota penyangga, terkecuali Tangerang.