Sukses

HUT Bogor 2022 Dipusatkan di Alun-Alun, Ini Rangkaian Acaranya

Liputan6.com, Jakarta - HUT ke 540 Kota Bogor, Jawa Barat akan berlangsung pada 3 Juni 2022. Perayaan akan dipusatkan di Kawasan Alun-Alun Kota Bogor Jalan Kapten Muslihat.

Pemerintah Kota Bogor kini telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk merayakannya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Atep Budiman menjelaskan, ada beberapa rangkaian acara yang akan digelar dalam menyambut Hari Jadi Bogor ke-540.

Untuk agenda utamanya, lanjut Atep, ada sidang paripurna istimewa di DPRD Kota Bogor pada 3 Juni atau bertepatan pada Hari Jadi Bogor. Dalam rapat tersebut seluruh tamu yang hadir mengenakan pakaian adat Sunda.

"Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan pameran melibatkan para pelaku UMKM di Kota Bogor," ujar Atep, Rabu (25/5/2022).

Tak hanya itu, akan digelar pula pawai helaran, festival budaya dan lainnya dengan melibatkan sejumlah sanggar. Namun tahun ini kegiatan helaran dipusatkan di Alun-Alun Kota Bogor, setelah beberapa tahun ke belakang digelar di Jalan Jenderal Sudirman.

"Cuma untuk pawai digelar tanggal 3 sore, tapi waktunya terbatas dan skalanya juga tidak terlalu besar seperti sebelum Covid-19," kata dia.

Khusus untuk acara helaran dan festival budaya di Alun-Alun Kota Bogor, rencananya akan menghadirkan seni tari dan kebudayaan Sunda juga seni tradisional dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk jadwal acara di hari berikutnya ada ritual membersihkan pusaka Bogor Kujang. simbolisnya di Tugu Kujang dan disupport oleh beberapa penari secara kolosal," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Libatkan Budayawan

Menurutnya, hampir seluruh rangkaian acara dalam peringatan Hari Jadi Bogor yang akan digelar Juni nanti melibatkan para budayawan.

"Ada usulan juga dari mereka (budayawan) ingin pawai kirab pusaka. Itu sedang kita pertimbangkan, kegiatannya kan mengundang banyak orang," terangnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, peringatan Hari Jadi Bogor ke-540 akan menjadi perayaan perdana setelah dua tahun belakangan hanya digelar secara sederhana tanpa melibatkan banyak orang luar.

"Setelah 2 tahun vakum tanggal 3 Juni kita akan melihat suguhan atraksi sanggar-sanggar seni buda di Kota Bogor. Acara ini sudah ada konsep rangkaiannya," ujar Bima. (Achmad Sudarno)