Sukses

Kabupaten Batang Jadi Incaran Investor Dunia, Ganjar Siapkan Strategi Ini

Ganjar mengatakan, Kabupaten Batang merupakan primadona investasi bagi setiap investor, tidak hanya di Jawa Tengah dan Indonesia saja, tapi seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah terus mengebut pembangunan kawasan industri untuk menarik investor. Salah satunya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Kabupaten Batang merupakan primadona investasi bagi setiap investor, tidak hanya di Jawa Tengah dan Indonesia saja, tapi seluruh dunia.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberi pengarahan kepada penjabat Bupati Batang yang baru dilantik, Lani Dwi Rejeki, beserta Forkopimda dan jajaran Pemkab Batang di Kantor Bupati Batang pada Selasa, 24 Mei 2022.

"Batang ini seksi sekali untuk konteks investasi di dunia, bukan hanya Jawa Tengah, apalagi Indonesia. Tapi dunia. Banyak yang kemudian berminat ke sini," kata Ganjar usai memberi arahan.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan bahwa kawasan industri di Jawa Tengah, khususnya yang ada di Batang mampu berkompetisi dengan kawasan industri yang ada di luar negeri, seperti Vietnam.

Dengan demikian, Ganjar berpesan kepada jajaran Pemkab Batang untuk mempersiapkan potensi bisnis ini dengan optimal. Salah satunya dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar tenaga kerja Batang memiliki daya saing.

"Kalau itu terjadi maka saya pesan siapkan SDM-nya mulai dari sekarang vocational school, teaching industry. Jadi spek tenaga kerja yang dibutuhkan, Batang harus siap agar menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," tutur Ganjar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tarik Investor Dunia

Ganjar menambahkan, pihaknya selalu bersedia jika diminta membantu berkomunikasi. Baik dengan Pemda maupun dengan pemerintah pusat. Sebab, KITB merupakan satu momentum bagi Kabupaten Batang untuk menarik investor sebanyak mungkin.

"Kalau kurang kita upgrade, SMK kami kerahkan karena Batang tidak berdiri sendiri. Ada provinsi, ada pusat, jadi bareng-bareng karena ini momentum untuk melakukan lompatan. Dan Batang dari seluruh yang ada, paling kompetitif," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, KITB merupakan mega proyek yang memiliki luas kawasan 4.000 hektare. KITB juga menjadi salah satu kawasan industri unggulan di Jawa Tengah setelah kawasan industri Semarang dan Kendal Industrial Park (KIP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini