Sukses

Cegah Oligarki Mendikte Parpol, Politisi PDIP: Capres atau Cawapres Harus Kader Partai

Politisi PDIP, Masinton Pasaribu menyatakan, tugas parpol hari ini adalah mampu memotong rantai modus oligarki pemodal yang ingin mendikte parpol.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Masinton Pasaribu, menekankan agar partai politik tidak memberikan tiket kepada oligarki atau pemodal yang ingin maju sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres).

Oleh karena itu, dia berharap, capres atau cawapres yang diusung dalam Pemilu 2024 nanti mesti merupakan kader parpol. Masinton menyatakan, tugas parpol hari ini adalah mampu memotong rantai modus oligarki pemodal yang ingin mendikte parpol.

"Ini harus dipotong (rantai modus oligarki), ini yang bikin rusak negara," kata Masinton dalam diskusi daring bertajuk "Kasak-kusuk Koalisi Partai dan Capres 2024", Sabtu (14/5/2022).

"Dia enggak mau berkeringat, enggak membangun partai politik terus dengan duitnya dia merasa bisa dikte, sudah nanti kita beli saja itu partai politik," tambahnya.

Selain itu, Masinton berharap parpol mesti menjaga marwah dan kedaulatan partai politik. Masyarakat sipil atau pemodal tidak boleh seenaknya membayar parpol supaya dapat didikte.

"Untuk masyarakat sipil you harus masuk partai politik dong, jangan merasa oh gue populer nih, apalagi nebeng fasilitas negara, punya uang nih, terus lu bisa dikte, gak boleh nah ini kita harus menjaga kedaulatan dan marwah partai politik itu," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Masuk Parpol

Dia menegaskan, partai politik tidak boleh menjadi partai dagang atau koalisi dagang. Dia menekankan agar parpol tidak menjual tiket untuk oligarki atau pemodal yang berniat mendikte.

"Kecuali terhadap figur yang berasal dari institusi yang haknya dibatasi UU, misal TNI, Polri kalau dicalonkan masyarakat, parpol boleh akomodasi itu. Tapi, terhadap masyarakat sipil yang ingin dicalonkan, dia harus masuk parpol-lah," ujar Masinton.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.