Sukses

Massa Demo Buruh May Day Fiesta Mulai Merapat ke Depan Gedung DPR

Massa aksi Demo Buruh May Day Fiesta akan mengadakan unjuk rasa di depan Gedung DPR MPR dan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, hari ini Sabtu (14/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta Massa aksi Demo Buruh May Day Fiesta akan mengadakan unjuk rasa di depan Gedung DPR MPR dan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, hari ini Sabtu (14/5/2022). Petugas kepolisian pun turut melakukan persiapan pengawalan dan bersiaga sejak pagi.

Pantauan Liputan6.com, memasuki pukul 10.00 WIB massa aksi demo buruh yang tergabung dalam beberapa kelompok mulai merapat ke Gedung DPR MPR. Mereka membawa atribut dan berseragam sesuai dengan organisasinya.

Tampak massa berpakaian oranye bertuliskan Partai Buruh berada di lokasi. Ada pula yang bertanda pekerja pabrik baik terkait besi hingga otomotif.

Sebuah kendaraan pembawa bendera dan spanduk juga sudah berada di lokasi. Meski begitu, spanduk yang ada belum dibentangkan dan bendera pun masih tergulung.

Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia akan membawa sebanyak 18 tuntutan dalam aksi yang bertajuk 'May Day Fiesta' di Gedung DPR/MPR RI dan Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (14/5/2022).

"Dalam perayaan May Day baik di depan gedung DPR maupun di GBK mengusung 18 isu perburuhan," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangannya, dikutip Sabtu (14/5).

Selain 18 isu, kata Said, serangkaian aksi kali ini juga akan turut diramaikan orasi dari sejumlah tokoh buruh internasional, seperti Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Sedunia Sharan Burraw.

"May Day Fiesta juga akan diisi pidato sekjen KSB Sedunia Sarah Burraw melalui live streaming yang akan disiarkan di GBK," kata Said.

Selain itu akan ada pula sambutan dari Presiden Konfederasi Serikat Buruh Jerman Reiner Hoffman, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Australia Michele O'neil, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Internasional - Asia Pasifik (ITUC-AP) Shoya Yoshida, serta dari Konfederasi Serikat Buruh Brasil.

"Selain dari tamu atau sahabat Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia dari unsur Serikat Buruh Sedunia juga akan ada pidato live streaming dari Partai Buruh Brasil Trabalhadores dan juga Partai Buruh Australia," kata dia.

Adapun, Said mengatakan aksi kali ini juga bakal dilakukan di beberapa kota secara serentak, seperti Surabaya dengan masa 25 ribu. Lalu Medan, Banda Aceh, Makassar, NTT, Papua, Ternate, dan 50 kota industri yang bakal menggelar Aksi May Day, dengan membawa 18 tuntutan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

18 Tuntutan

1. Tolak Omnibus law UU Cipta Kerja

2. Turunkan harga bahan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM, dan gas

3. Sahkan RUU PPRT, tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB

4. Tolak upah murah

5. Hapus outsourcing

6. Tolak kenaikan pajak PPn

7. Sahkan RPP Perlindungan ABK dan Buruh Migran

8. Tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan

9. Wujudkan kedaulatan pangan dan reforma agraria

10. Stop kriminalisasi petani

11. Biaya pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun gratis

12. Angkat guru dan tenaga honorer menjadi PNS

13. Pemberdayaan sektor informal

14. Ratifikasi Konvensi ILO Nomor 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja

15. Driver ojek online adalah pekerja, bukan mitra kerja yang tidak jelas hubungan kerjanya

16. Laksanakan Pemilu tepat waktu 14 Februari 2024 secara jurdil dan tanpa politik uang

17. Redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih)

18. Tidak boleh ada orang kelaparan di negeri yang kaya

 

3 dari 3 halaman

Skema Pengalihan Lalu Lintas Saat Aksi Buruh May Day Fiesta di GBK

Puluhan ribu buruh rencananya akan memadati kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, bertepatan dengan acara aksi Hari Buruh International atau May Day Fiesta, Sabtu (14/5/2022).

Guna menyikapi kepadataan massa buruh yang akan datang ke GBK, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah skema pengalihan arus kendaraan, meski pemberlakuannya akan dijalankan secara situasional.

"Belum ada, GBK tidak kita tutup, kecuali pada saatnya nanti terjadi stuck baru akan kita adakan pengalihan pengalihan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, dikutip Sabtu (14/5).

Adapun pengalihan arus lalu lintas nanti, dilakukan apabila kendaraan dari Sudirman-Thamrin terjadi penumpukan. Maka kendaraan yang mengarah ke jalan Sisingamangaraja akan dialihkan ke jalan Pakubuwono.

"Atau nanti kita arahkan mereka kalau mau ke arah utara nanti bisa melewati Kuningan, nanti lewat Wijaya-Tendean, nanti langsung ke arah Kuningan," sebutnya.

Kemudian untuk kendaraan dari arah Semanggi akan dialihkan terus melewati jalan Gatot Subroto dan tidak bisa berbelok ke kiri menuju kawasan GBK.

Namun demikian, meski tidak dututup para pengendara tetap diminta sebaiknya menghindari kawasan tersebut, khususnya di depan Gerbang Utama Gedung DPR/MPR.

"Jangan lupa dari pagi sampai siang di depan DPR/MPR juga akan ada aksi unjuk rasa, jadi memang sebaiknya dihindari juga kawasan DPR/MPR," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.