Sukses

Top 3 News: Sederet Fakta Seluncuran Waterpark Kenpark Surabaya Ambruk

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait ambruknya seluncuran Kolam Renang Kenjeran Park atau Waterpark Kenpark Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu 7 Mei 2022. Akibat kejadian tersebut, sebanyak 16 orang mengalami cedera.

Disampaikan Kepala HRD Kenpark Surabaya Bambang Irianto, pihaknya selalu rutin melakukan perawatan wahana. Bambang mengatakan, perawatan terakhir dilakukan sembilan bulan sebelumnya.

Bambang menjelaskan, saat kondisi normal pengunjung bisa mencapai 300-400 orang. Sementara dalam kondisi khusus seperti libur Lebaran saat ini, pengunjung bisa mencapai lebih dari 1.000 orang.

Kepolisian Resor Tanjung Perak Surabaya pun turun tangan mengusut kasus ambrolnya seluncuran di kolam renang Kenpark Kenjeran tersebut.

Kemudian, pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali dan seluruh wilayah Indonesia.

Perpanjangan PPKM tersebut dilakukan meski tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 secara eksponensial pascalibur Lebaran Idul Fitri 2022.

Perpanjangan PPKM Jawa-Bali dan seluruh wilayah Indonesia terhitung mulai Selasa 10 Mei 2022 hingga Senin 23 Mei 2022 mendatang.

Keputusan perpanjangan PPKM Jawa-Bali tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 25 Tahun 2022 untuk perpanjangan PPKM di Luar Jawa Bali.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah pada Selasa 10 Mei 2022, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS).

Berbeda dengan kunjungan kerja biasanya yang menggunakan pesawat kepresidenan-1, Jokowi kali ini mencarter pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER untuk lawatan ke Amerika Serikat.

Kepala Seketariat Presiden Heru Budi Hartono pun angkat bicara. Dia menjelaskan sejumlah alasan Jokowi memilih tak menggunakan pesawat kepresidenan-1 dalam kunjungan ke negeri Paman Sam. Salah satunya, butuh dua kali transit apabila Jokowi memakai pesawat kepresidenan ke Amerika.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 10 Mei 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Empat Fakta Ambruknya Seluncuran Kolam Renang Waterpark Kenpark Surabaya

Pada Sabtu 7 Mei 2022, seluncuran Kolam Renang Kenjeran Park atau Waterpark Kenpark Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur roboh. Akibatnya, sebanyak 16 orang mengalami cedera.

Menurut Kepala HRD Kenpark Surabaya Bambang Irianto, pihaknya selalu rutin melakukan perawatan wahana. Bambang mengatakan, perawatan terakhir dilakukan sembilan bulan sebelumnya.

"Kondisi wahana sebenarnya masih layak, sehingga diduga penyebab seluncuran ambrol adalah kelebihan muatan," ujar Bambang, seperti dilansir Antara, Sabtu 7 Mei 2022.

Bambang menjelaskan, saat kondisi normal pengunjung bisa mencapai 300-400 orang. Sementara dalam kondisi khusus seperti libur Lebaran saat ini, pengunjung bisa mencapai lebih dari 1.000 orang.

Sementara itu, Kepolisian Resor Tanjung Perak Surabaya mengusut kasus ambrolnya seluncuran di kolam renang Kenpark Kenjeran tersebut.

"Ini tadi kami langsung masuk ke dalam mengecek perimeter guna memastikan bahwa tidak ada korban lain," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Anton Elfrino Trisanto.

 

Selengkapnya...

 

3 dari 4 halaman

2. PPKM Kembali Diperpanjang hingga 23 Mei 2022

Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali dan seluruh wilayah Indonesia meski tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 secara eksponensial pascalibur Lebaran Idul Fitri 2022. PPKM diperpanjang terhitung sejak 10-23 Mei 2022.

Keputusan perpanjangan PPKM Jawa Bali tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 25 Tahun 2022 untuk perpanjangan PPKM di Luar Jawa Bali.

“Perpanjangan PPKM kali kita laksanakan serentak untuk seluruh wilayah di Indonesia. Secara substansi terdapat beberapa penyesuaian di antaranya perubahan jumlah daerah di setiap level PPKM, khususnya menurunnya jumlah daerah di Level 1 dan Level 3, perubahan jam operasional tempat makan yang mulai beroperasi malam hari, serta meniadakan syarat PCR dan antigen untuk beberapa kegiatan di Jawa-Bali," ujar Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Mei 2022.

Safrizal mengungkapkan, perpanjangan PPKM Jawa Bali kali ini, jumlah daerah di Level 1 menurun dari yang sebelumnya 29 daerah menjadi 11 daerah.

Begitu juga dengan jumlah daerah di Level 3 menurun dari 2 daerah menjadi 1 daerah. Sebaliknya, untuk jumlah daerah Level 2 naik dari 97 daerah menjadi 116 daerah.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Istana Jelaskan Alasan Jokowi Carter Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke AS

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Washington D.C, Amerika Serikat (AS), pada Selasa pagi 10 Mei 2022.

Berbeda dengan kunjungan kerja biasanya yang menggunakan pesawat kepresidenan-1, Jokowi kali ini mencarter pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER untuk lawatan ke Amerika Serikat.

Kepala Seketariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan sejumlah alasan Jokowi memilih tak menggunakan pesawat kepresidenan-1 dalam kunjungan ke negeri Paman Sam. Salah satunya, butuh dua kali transit apabila Jokowi memakai pesawat kepresidenan ke Amerika.

"Perjalanan sangat jauh jika pakai pesawat presiden bisa dua kali transit," kata Heru kepada wartawan, Selasa.

Selain itu, kata dia, pesawat Garuda Indonesia jauh lebih besar dan bisa membawa lebih banyak orang dibandingkan pesawat kepresidenan-1. Pasalnya, ada 62 orang yang ikut dalam kunjungan ke AS. "Pesawat presiden hanya muat 48 orang. Tim ada 62 orang," ucapnya.

Menurut dia, perjalanan ke Amerika sangat jauh sehingga butuh dua kali transit apabila menggunakan pesawat kepresidenan. Jika memakai pesawat Garuda, maka perjalanan akan lebih efisien. "Kalau transit dua kali berarti setiap titik ada tim advance. Nah, ini hanya satu kali," jelas dia.

 

Selengkapnya...