Sukses

Puncak Arus Balik, 39.300 Pemudik Tiba di Stasiun Area Daop 1 Jakarta Hari Ini

Arus balik lebaran, ribuan pemudik moda transportasi kereta api diprediksi akan kembali ke daerah asal masing-masing dari kampung halaman pada Jumat (6/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pemudik moda transportasi kereta api diprediksi akan kembali ke daerah asal masing-masing dari kampung halaman pada Jumat (6/5/2022). Total ada 39.300 penumpang kereta api yang akan turun di berbagai stasiun area Daop 1 Jakarta.

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area daop 1 Jakarta," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip dari siaran persnya, Jumat.

Adapun stasiun Daop 1 Jakarta meliputi, Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Eva mengatakan kenaikan kedatangan penumpang kereta api sudah terjadi sejak Kamis, 5 Mei 2022.

"Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei 2022," jelasnya.

Menurut dia, kedatangan penumpang kereta api masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022. Eva menyebut setidaknya ada 111.700 penumpang yang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek dalam rentang 4 hingga 6 Mei 2022.

"Volume penumpang berangkat dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi," ucap Eva.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan puncak arus balik mudik Lebaran 2022, diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022. Dia pun mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal atau setelah puncak arus balik.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan saat arus balik mudik Lebaran 2022. Kendati begitu, Jokowi mengingatkan agar pemudik mengatur waktu kepulangan sesuai aturan yang ditetapkan di tempat kerja.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak/Ibu, saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," jelas Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerbang Tol Halim Diprediksi Jadi Titik Macet Utama Arus Balik Mudik

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi Gerbang Tol Halim akan menjadi titik macet utama pada puncak arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah yang diperkirakan akan jatuh pada Minggu, 8 Mei 2022.

"Beban terberat adalah nanti di pintu masuk Jakarta yang dari arah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang berangkat dari Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. Kalau kami jumlahkan kurang lebih ada 1,2 juta kendaraan yang nanti akan lewat Gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk dari arah timur kota Jakarta," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis (6/4/2022). 

Sambodo mengatakan GT Halim yang hanya mempunyai 13 gerbang yang harus menampung derasnya arus balik kendaraan dari GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Terkait hal itu Ditlantas Polda Metro Jaya bersama pemangku kepentingan terkait telah menyiapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan panjang pada puncak arus balik pada 6-8 Mei 2022.

Yang pertama adalah menerapkan one way sampai GT Halim dan di KM3+500 arus lalu lintas akan dibuka dari dua arah agar kendaraan dari Jalur A dan Jalur B tetap bisa masuk ke GT Halim.

Kedua, kepolisian bersama Jasa Marga telah mempersiapkan kebijakan dengan mengubah pintu masuk tol ke arah Cikampek menjadi pintu keluar tol sehingga pengguna jalan tak perlu melintasi GT Halim dan bisa langsung keluar tol.

"Intinya adalah nanti warga masyarakat yang mengambil jalur sebelah kanan itu tidak perlu takut kalau mau keluar ke arah Bekasi Cikarang dan sebagainya. Dia tidak usah memaksa ke kiri dulu baru keluar, dia dari kanan pun bisa keluar melalui jalur-jalur yang tadinya untuk entrance," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Arus Balik, Kemenhub Siapkan 2 Kapal Laut untuk Mudik Motor Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyediakan dua kapal laut untuk mengangkut arus balik pemudik dengan motor secara gratis. Total ada kapasitas sejutar 2.500 untuk dua kapal tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto mengajak masyarakat khususnya warga Surabaya dan Semarang untuk memanfaatkan program arus balik sepeda motor gratis naik kapal laut. Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yaitu mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," ujar Capt Mugen, dalam keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Capt Mugen mengungkapkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik masih sama dengan arus mudik yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

"Persyaratan dan ketentuannya juga masih sama," ujar Capt Mugen.

Adapun jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 10 Mei 2022 pukul 15:00 WIB.

Sedangkan KM Dobonsolo berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 11 Mei 2022 pukul 17:00 WIB dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 12 Mei pukul 15:00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Arus Balik Mudik, KAI: Mulai Terjadi Peningkatan Kedatangan Penumpang di Jakarta

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan mulai terjadi peningkatan kedatangan penumpang di sejumlah statiun, menyusul arus balik mudik Lebaran 2022. Menurut dia, ada sekitar 38.400 penumpang kereta api yang akan turun di beberapa statiun di Jakarta.

"Untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan," kata Eva kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

"Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," sambungnya.

Dia menuturkan terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dar Statiun Gambir dan Pasar Senen. Eva menyebut KAI juga mengoperasionalkan 8 kereta api tambahan dari Stasiun Gambir serta 3 di Stasiun Pasar Senen.

"Dari jumlah tersebut, dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.