Sukses

Libur Lebaran 2022, Transjakarta Operasikan Bus Wisata

Adapun kedua layanan bus Transjakarta tersebut akan melayani masyarakat mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus wisata dalam rangka memeriahkan libur Lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR, Iwan Samariansyah mengatakan, operasional bus wisata itu mulai 3 - 8 Mei 2022. Ada dua layanan bus wisata yakni rute Jakarta Baru (BW2) dan rute Pencakar Langit (BW4).

"Dalam rangka memeriahkan libur Lebaran ini, kami menghadirkan kembali dua layanan bus wisata untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin berwisata ke lokasi-lokasi yang dilayani kedua rute tersebut," kata Iwan Samariansyah di Jakarta, Selasa (3/5/2022), dikutip dari Antara.

Iwan menambahkan, operasional kedua rute tersebut sebelumnya sempat dihentikan sementara waktu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Masyarakat tetap diwajibkan memenuhi ketentuan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku selama menggunakan layanan Transjakarta," ujar Iwan.

Adapun kedua layanan tersebut akan melayani masyarakat mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB. Pelanggan yang ingin menikmati layanan bus wisata itu tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada alat Tap On Bus (TOB) dengan tarif Rp0.

Iwan menambahkan, untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta dapat mengakses media sosial Twitter @PT_Transjakarta dan Instagram @pt_transjakarta. Serta gunakan aplikasi TIJE.

"Semoga hadirnya kedua rute ini bisa memberi kebahagiaan bagi masyarakat sekaligus mengobati kerinduan pada layanan bus wisata," tutur Iwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transjakarta Siapkan 12 Titik Layanan Bus Gratis untuk Sholat Idul Fitri di JIS

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyiapkan 12 titik layanan bus gratis pulang pergi bagi penumpang yang akan melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, besok Senin (2/5/2022).

"TransJakarta mengoperasikan armada bus menuju JIS," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, seperti dilansir Antara, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, berdasarkan informasi dari TransJakarta yang diunggah melalui akun instagram @pt_transjakarta, Sabtu menjelaskan bahwa ada dua jadwal keberangkatan bus gratis jelang pelaksanaan Salat Idul Fitri di JIS, yaitu pukul 05.10 WIB dan 05.20 WIB dari masing-masing titik keberangkatan.

Adapun sebanyak 12 titik layanan gratis bus TransJakarta bagi penumpang yang akan Sholat Id di JIS meliputi rute sebagai berikut:

1. Rute JIS3 Harmoni-JIS

2. Rute 14 Terminal Senen-JIS

3. Rute 10K Terminal Tanjung Priok-JIS

4. JAK.77 Terminal Tanjung Priok-Jembatan Item

BUMD DKI Jakarta ini juga menyediakan layanan gratis bus TransJakarta pulang pergi di lokasi keberangkatan yang sudah ditentukan yakni:

5. Depan Kantor Walikota Jakarta Utara

6. Depan Hotel Arcici Jalan Raya Plumpang Semper

7. Depan Pom Bensin Jalan Raya Plumpang Semper Gapura Kelurahan Tugu Selatan

8. Depan Jakarta Islamic Centre Jalan Kramat Jaya

9. Depan RSUD Koja

10. Depan Kantor Damkar Dekat lampu Merah Permai

11. Depan Kantor Kecamatan Penjaringan

12. Jalan Maritim Raya Kampung susun Aquarium RT 12 RW 04 Penjaringan di depan Meseum Bahari.

Setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri, jemaah juga dapat menggunakan layanan yang sama untuk kembali ke titik awal keberangkatan.

Pemprov DKI mengimbau jemaah untuk menggunakan transportasi umum mengingat keterbatasan lahan parkir.

3 dari 4 halaman

Transjakarta Bongkar 9 Halte untuk Revitalisasi Mulai Jumat Malam 15 April 2022

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai merevitalisasi 11 halte. Sebanyak sembilan halte akan dibongkar secara bertahap pada, Jumat tengah malam (15/4/2022).

Plt Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Angelina Betris selaku menyampaikan, ke-11 halte bus Transjakarta yang akan dilakukan revitalisasi ialah Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Juanda.

Kemudian Halte Cawang Cikoko, Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Kebon Pala, Halte Kwitang, Halte Balai Kota, Halte Gelora Bung Karno (GBK), dan Halte Stasiun Jatinegara 2.

"Pembongkaran halte akan dilakukan secara bertahap pada 9 halte, karena Halte Kwitang dan Halte Balai Kota sudah dilakukan sebelumnya sehingga bisa langsung lanjut proses pembangunan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Betris mengatakan, 11 halte ini adalah bagian dari 46 halte yang akan direvitalisasi oleh Transjakarta pada tahun 2022. Selama dalam proses konstruksi, guna menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan, ke 11 halte tersebut akan ditutup secara total.

Sebagai alternatifnya, Transjakarta telah menyiapkan 2 rute shuttle Bus yang akan melayani pelanggan, baik dari maupun menuju bus stop terdekat dari halte yang sedang dilakukan revitalisasi.

Adapun dua layanan shuttle bus tersebut adalah rute Bank Indonesia (BI) – Bundaran Senayan yang beroperasi di koridor 1, dan rute Pecenongan – Juanda di koridor 2.

"Shuttle bus akan beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB, atau mengikuti kebijakan PPKM yang berlaku," imbuh Betris.

Betris mengatakan, rutte shuttle bus tetap bertarif normal Rp 3500,- dengan cara melakukan tapping di dalam bus sebagai alat bayarnya.

Sebagai informasi, proses konstruksi revitalisasi halte ini akan berlangsung sekitar 6 bulan dan halte akan difungsikan kembali secara bertahap sampai dengan diselesaikan secara keseluruhan pada Desember 2022.

4 dari 4 halaman

Setiap Halte Transjakarta yang Direvitalisasi Akan Ada Musala dan Toilet

Sebanyak 46 halte Transjakarta akan direvitalisasi pada Jumat 15 April. Fasilitas yang dipastikan ada di setiap halte Transjakarta usai revitalisasi yaitu, musala dan toilet.

"Fasilitas lebih banyak, kami menyediakan toilet umum maupun musala di setiap halte," ujar Direktur Teknik dan Digital Transjakarta, Indrayana, Rabu malam 13 April 2022.

Dia menyampaikan, garis besar utama revitalisasi 46 halte Transjakarta yaitu memberikan rasa nyaman dan mengubah sudut pandang layanan fasilitas umum, kepada masyarakat.

Indra juga menyebutkan bahwa konsep halte yang akan direvitalisasi yakni konsep ruang terbuka. Meski halte-halte yang ada saat ini sudah mengusung konsep terbuka, namun pada revitalisasi ini, Pemprov DKI melalui BUMD PT Transjakarta ingin menguatkan konsep tersebut dengan tujuan agar masyarakat dapat beralih ke transportasi publik.

Kenyamanan layanan transportasi publik, juga ditujukan untuk para disabilitas.

"Kita jamin disabilitas terlayani dengan kondisi optimal, yang barangkali di beberapa halte lama belum bisa terlayani dengan baik," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.