Sukses

Polisi Imbau Mudik Tak Pakai Motor, Ini Pertimbangannya

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengimbau masyarakat yang ingin mudik untuk menggunakan transportasi selain sepeda motor. Kenapa demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengimbau masyarakat yang ingin mudik untuk menggunakan transportasi selain sepeda motor. Hal itu demi meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena berbahaya," kata dia kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Sambodo mengatakan, pihaknya menyiapkan mudik Bareng dengan libatkan pihak swasta maupun BUMN intansi pemerintah.

Namun, tak dapat ditepis sepeda motor masih menjadi transportasi favorit pemudik. Karena itu tetap disiapkan pos pelayanan rest area khusus sepeda motor dengan pelbagai fasilitas di ruas jalan Kedung Waringin dan Jatiuwung yang mengarah Merak

"Ada tempat untuk isi bensin adam kanan bersaing dan ngaso sebentar," ujar dia.

Sambodo memastikan, tidak ada penyekatan pada saat pengamanan arus mudik maupun arus balik. Sambodo meminta pemudik tetap menjaga protokol kesehatan. Diperkirakan jumlah pemudik akan mengalami peningkatan.

"Peningkatan 10 persen sampai 15 persen dibanding dengan mudik tahun 2019," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelayanan Terbaik

Sambodo menyatakan Polda Metro Jaya siap memberikan pelayaanan terbaik bagi masyarakat Jakarta yang akan melaksanakan mudik.

Dalam hal ini, akan didirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan. Sambodo menyebut, jumlah masih dihitung.

Pun demikian dengan personel yang dikerahkan. Meningat pengamanan bukan hanya diperuntukan untuk dijalur mudik tapi juga di tempat wisata, mall, titik keberangkatan moda transportasi.

"Nanti masing-masing posyan siapkan bosster bagi yang belum booster. Kita siapkan vaksin bosster, antara lai di rest area jalan tol kemudian jalur arteri sepeda motor itu banyak," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.