Sukses

Kebakaran Gudang Tiner di Jakarta Barat Padam, 2 Petugas Syok Akibat Ledakan

Kebakaran yang melumat gudang tiner di kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat berhasil dipadamkan petugas pada Minggu (10/4/2022) dini hari.

 

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran yang melumat gudang tiner di kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat berhasil dipadamkan petugas pada Minggu (10/4/2022) dini hari.

Kasie Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Sjukri Bahanan mengatakan, api padam pukul 04.20 WIB, setelah pemadaman berlangsung selama 7 Jam 28 menit atau sejak pukul 20.51 WIB.

"Status kebakaran hijau, situasi pemadaman selesai," kata Sjukri saat dikonfirmasi Merdeka soal kebakaran gudang tiner itu.

Pemadam mengerahkan 27 mobil pemadaman dengan 130 personel untuk padamkan kobaran api yang menghanguskan area seluas 1 hektare itu.

Menurut dia, pugaknya belum bisa berbicara soal penyebab kebakaran dan rincian kerugian, sebab masih dalam pemeriksaan instansi terkait.

Peristiwa ini menyebabkan dua petugas pemadam kebakaran syok dan luka ringan. "Hanya mengalami shock dan cedera ringan saja. Akibat adanya ledakan di tempat kejadian," ujar Sjukri.

Keduanya tidak sampai menjalani perawatan di rumah sakit. "Ada petugas yang jadi korban dua orang ketika memadamkan api terjadinya ledakan. Kedua korban tidak dirawat hanya ditangani AGD dan PMI," ucap Sjukri.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di Jakarta Barat tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi

 

Kebakaran terjadi di gudang penyimpanan tiner di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, pada Sabtu (9/4/2022) malam WIB.

Api menyala selama nyaris delapan jam dalam peristiwa itu. Alhasil, api melalap habis bangunan yang berdiri di luas lahan 1.000 meter persegi.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di Jalan Sikas Hijau, Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakbar. Menurut Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakbar, Sjukri Bahanan, api di gudang tiner pertama kali muncul pada Sabtu sekitar pukul 20.46 WIB.

Adalah warga bernama Salaman (46) yang melaporkan kejadian kebakaran pada Sudin Gulkarmat, Jakarta Barat. "Obyek terbakar gudang tiner. Alhamdulillah api sudah padam," ujar Sjukri.

Sjukri mengatakan, sebanyak 27 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi. Sjukri menyebut, proses pemadaman sempat terkendala, karena beberapa kali bahan-bahan yang terbakar memincu terjadinya ledakan-ledakan kecil.

Bahkan, dua orang anggota Damkar sempat terjatuh akibat terkejut sewaktu mendengar bunyi ledakan. Beruntung, keduanya hanya menderita luka ringan.

 

3 dari 3 halaman

Awalnya 19 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebelumnya, Kebakaran melanda kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (9/4) malam. Kebakaran diduga berasal dari gudang cat yang ada di lokasi tersebut.

"Terjadi kebakaran pada bangunan gudang pkl. 20.46 di Jl. Cikas Raya No. 68 RT 2/8 (titik kenal Kolam Renang Kosambi Baru) Kel. Duri Kosambi, Kec. Cengkareng Jakbar," tulis Pemadam DKI Jakarta dalam akun twitter resminya, @humasjakfire .

Dalam upaya pemadaman kebakaran tersebut, petugas mengerahkan 19 unit mobil pemadam kebakaran dan 95 personel. Petugas sudah tiba di lokasi sekitar pukul 20.52 WIB, namun hingga pukul 21.51 WIB api belum bisa dipadamkan.

"Masih dalam penanganan, unit sudah ditambahkan menjadi 19 unit di TKP," tambahnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.