Sukses

Sabam Sirait Dipandang Sebagai Tokoh Bangsa, Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Keinginan agar tokoh nasional Sabam Sirait dijadikan pahlawan nasional kembali mengemuka. Kali ini disuarakan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Keinginan agar tokoh nasional Sabam Sirait dijadikan pahlawan nasional kembali mengemuka. Kali ini disuarakan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia.

Adapun ini disampaikan oleh para pengurus pusat GMKI melalui webinar yang bertema "Rekam Jejak Sabam Sirait Sebagai Tokoh Bangsa".

"Dalam perjalanannya, senior Sabam Sirait banyak berkontribusi pada perjalanan bangsa Indonesia. Dengan rekam jejak selama di parlemen membuktikan beliau tidak hanya sebagai anggota parlemen yang biasa-biasa saja, namun menjadi pelopor-pelopor perubahan dan selalu terlihat menghidupi nilai-nilai oikumenisme dan nasionalisme," kata Ketua Umum PP GMKI Jefri Edi Irawan Gultom dalam keterangannya, Minggu (20/3/2022).

Dia pun memberi contoh apa yang sudah dilakukan Sabam Sirait, yakni memperjuangkan undang-undang Anti Monopoli. Kemudian secara terbuka mendukung Palestina dan mengkritik Israel.

"Dan beliau pernah mengusulkan juga untuk pemerintah Indonesia membuat nama jalan yang bernama Palestina. senior Sabam turut serta memperjuangkan undang-undang otonomi khusus untuk masyarakat Papua, senior Sabam sangat sering juga menyuarakan hak asasi manusia di Indonesia," kata Jefri.

Selain itu, sebagai bukti, lanjut dia, pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, almarhum Sabam Sirait diberikan penghargaan Bintang Mahaputera.

"Melalui kegiatan webinar yang bertemakan: Rekam Jejak Sabam Sirait Sebagai Tokoh Bangsa, bagi seluruh kader GMKI seluruh Indonesia untuk mendukung pengusulan Sabam Sirait menjadi pahlawan nasional," kata Jefri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Sementara, keluarga besar bapak Sabam Sirait mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan webinar yang bertemakan Rekam Jejak Sabam Sirait Sebagai Tokoh Bangsa.

"Kami sangat senang GMKI turut mengusulkan bapak Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional, terimakasih kepada seluruh narasumber yang telah berkenan membicarakan rekam jejak bapak Sabam Sirait," kata dr Sondang Sidabutar yang juga didampingi Maruarar Sirait dan keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.