Sukses

Ini Alasan Vokalis Sisitipsi Fauzan Lubis Gunakan Narkoba

Vokalis dari grup band Sisitipsi, Fauzan Lubis terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja dan obat-obatan terlarang.

Liputan6.com, Jakarta - Vokalis dari grup band Sisitipsi, Fauzan Lubis terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja dan obat-obatan terlarang. Dia ditangkap Satresnakroba Polres Jakarta Barat pada Kamis 17 Maret sekira pukul 00.30 WIB di lobi Blok M Square, Jakarta Selatan.

"Seseorang yang kita amankan dan ditetapkan sebagai tersangka inisialnya MFL dia tergabung dalam grup band Sisitipsi sebagai seorang vokalis," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat (18/3/2022).

Adapun alasan tersangka mengkonsumsi narkoba untuk mendukung aktivitasnya sebagai musikus.

"Walaupun ini pelanggaran hukum yang tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun menggunakan narkotika untuk melakukan pekerjaan," ujar dia.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Pasal 62 Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Temukan Biji Ganja

Zulpan mengatakan, pihaknya menemukan narkoba jenis ganja dalam bentuk biji-bijian seberat 0,20 gram di karpet mobil. Juga, obat psikotoprika dengan jenis Xanax, Dumolid, Calmlet, pil kapsul Lazol. Zulpan menyebut turut disita pula resep dokter di dalam dompet.

"Beberapa resep dokter di dalam dompet yang digunakan," ujar dia.

Zulpan menyampaikan, pihaknya telah membawa barang bukti untuk diuji ke laboratorium. Hasilnya, biji ganja dinyatakan positif mengandung Tetra Hydro Canabinoid, serta obat-obatan psikotropika mengandung Alprazolam.

"Kemudian hasil tes urine tersangka posilif mengandung Tetra Hydro Canabinoid dan Benzodiazepine," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Pakai Ganja Sejak 2010

Kepada penyidik, Fauzan Lubis mengaku mulai mengkonsumsi narkoba jenis ganja sejak tahun 2010, juga pernah mengkonsumsi narkoba jenis sabu sejak tahun 2014 sampai 2019.

Terakhir kali, tersangka mengkonsumis kopi yang mengandung ganja pada Minggu 6 Maret 2022 di salah satu cafe daerah Summarecon Bekasi. Untuk konsumsi psikotropika terakhir pada Rabu 16 Maret 2022 di kediamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.