Sukses

Keriuhan Jelang Helatan MotoGP Mandalika

Adapun MotoGP Indonesia akan berlangsung 18-20 Maret 2022, yang dibagi dalam berbagai sesi.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP seri kedua dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau tempatnya di Lombok, NTB.

Adapun MotoGP Indonesia akan berlangsung 18-20 Maret 2022, yang dibagi dalam berbagai sesi.

Meski demikian, keriuhan sudah dimulai sejak Rabu (16/3/2022), di mana baru kali ini para pembalap melakukan parade di Jakarta. Bahkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas sejumlah pembalap untuk melakukan parade ke Bundaran Hotel Indonesia.

Total ada 20 pembalap yang hadir di Istana Merdeka Jakarta dan bertemu Jokowi.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi menyambut kedatangan para pembalap MotoGP pada pukul 09.38 WIB. Para pembalap datang dengan memakai setelah baju khusus balap motor yang akan dipakai dalam Grand Prix Indonesia di Mandalika pada 20 Maret 2022.

Setelah berfoto bersama dan menjamu para pembalap dengan hidangan ringan, Jokowi lalu memamerkan motor balapnya kepada para pembalap MotoGP.

Jokowi juga sempat berbincang-bincang santai dengan Marc Marquez dan pembalap lain yang hadir.

Kemudian, para pembalap keluar dari halaman Istana Merdeka untuk melakukan parade menuju Bundaran Hotel Indonesia. Para pembalap lalu menuju motor masing-masing yang diparkir di Jalan Medan Merdeka Utara atau luar Istana Merdeka.

Jokowi terlihat mengibarkan bendera chequered flag dan selanjutnya para pembalap langsung menacapkan gas motornya. Usai para pembalap melaju untuk parade, Jokowi sempat menyapa masyarakat yang antusias menunggu di luar Istana Merdeka.

Di luar Istana Merdeka, masyarakat sudah antusias melihat para pembalap MotoGP yang akan bertanding di Indonesian Grand Prix Mandalika. Setelah dilepas Jokowi, pembalap pun melajukan motornya dengan kecepatan rendah.

Ternyata, masyarakat telah menunggu iring-iringan para pembalap MotoGP. Terlihat masyarakat sangat ramai dan antusias menunggu di tepi jalan yang sudah dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Seakan tak mau mengecewakan penggemarnya, para pembalap pun melambai-lambaikan tangan mereka kepada masyarakat yang menunggu di tepi jalan. Bahkan, ada masyarakat yang berhasil menyentuh tangan pembalap.

Parade itu juga diiringi oleh komunitas pecinta motor dan aparat keamanan. Para pembalap MotoGP sempat melintasi kawasan Monumen Nasional (Monas) dan mengakhiri parade di Bundaran Hotel Indonesia.

Jokowi mengatakan sebanyak 60.000 tiket MotoGP Mandalika sudah habis terjual. Adapun perhelatan Indonesian Grand Prix MotoGP di Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022.

"Kita tahu, Alhamdulillah juga bahwa target tiket yang kita berikan 60.000 Alhamdulillah semuanya sudah terjual," kata Jokowi.

Dia berharap kesuksesan dapat menjadi sebuah daya tarik baru untuk Indonesia. Jokowi menilai ludesnya tiket MotoGP Mandalika juga menandakan Indonesia tak kalah dengan negara lain yang lebih dulu menjadi tuan rumah MotoGP.

"Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain," ujarnya.

Jokowi belum bisa memastikan berapa keuntungan yang didapat Indonesia dari perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Hal itu, kata dia, akan dihitung setelah acara tersebut selesai digelar.

"Kalau sudah event-nya selesai baru kita hitunglah berapa kira-kira yang masuk. Tapi semuanya kita hitung setelah nanti event-nya kita selesaikan di hari Minggu (20 Maret)," tutur Jokowi.

Kesan Para Pembalap

Marc Marquez, pembalap dari Repsol Honda Team, merasa senang dengan sambutan dari Presiden Jokowi.

"Tentu ini sangat menyenangkan dan Bapak Presiden menerima kunjungan kami dengan baik," kata dia.

Marquez juga menyebut bahwa para pembalap MotoGP sudah sangat menantikan untuk mengikuti balapan di Sirkuit Mandalika. Ia pun mengaku tidak sabar untuk balapan langsung di hadapan para penggemar MotoGP yang ada di Indonesia.

"Kami menantikan balapan di depan penggemar kami di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, pembalap Suzuki Ecstar Team Joan Mir menyampaikan kegembiraannya bisa bertemu dan menyapa langsung Presiden Jokowi. Ia mengatakan sangat menikmati pertemuan tersebut.

"Saya merasa sangat bersemangat. Senang bisa bertemu dan menyapa langsung Bapak Presiden," ujar Joan Mir.

Selain itu, Mario Aji yang merupakan pembalap Honda Team Asia, mengapresiasi pertemuan para pembalap MotoGP dengan Jokowi. Menurut dia, pertemuan tersebut bisa menjadi motivasi bagi para pembalap sebelum bertanding di MotoGP 2022.

"Sangat luar biasa, apresiasi untuk Bapak Presiden sudah mengundang rider Indonesia yang juga berjuang untuk mengharumkan nama bangsa, Mario tentu saja jadi bisa termotivasi lah untuk menjalankan balapan minggu ini," jelas Mario.

Rombongan pembalap MotoGP bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sesuai mengikuti Parade di Jakarta hari ini, Rabu (16/3/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, rombongan pembalap MotoGP telah meninggalkan Hotel Indonesia Kempinski pada pukul 16.00 WIB. Mereka menumpang bus pariwisata menuju ke Bandara Soetta.

"Iya jam 4 sore (berangkat dari hotel) ke Soekarno-Hatta," kata dia kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Zulpan menerangkan, pihak kepolisian turut mengawal rombongan pembalap MotoGP sampai ke Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang.

"Tidak ada pengamanan khusus paling pengawalan polisi lalu lintas saja," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang diterima, rombongan akan meninggalkan Jakarta menuju ke Lombok pada pukul 18.00 WIB.

"Iya jadi berangkat hari ini, pesawatnya pukul 18.00 WIB langsung tujuan ke Lombok ya," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Semarak MotoGP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menyatakan pihaknya menyiapkan mitigasi cuaca dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika yang akan digelar Minggu (20/3/2022).

Menurut dia, pawang hujan saja tidak cukup, kini pihaknya menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan bersama BRIN, BMKG, dan TNI AU untuk memitigasi cuaca.

"Terus kita upayakan dengan TMC. Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU kita harapkan bissa membantu memitigasi situasi," kata Sandiaga di Komisi X DPR, Rabu (16/3/2022).

Meski telah menyiapkan rencana, politikus Gerindra ini tetap meminta dukungan dan doa agar cuaca cerah saat pergelaran akbar itu digelar.

"Semuanya sudah ready to go, 100 persen, namun tentunya kita harus berdoa kepada Allah SWT karena cuaca ini menjadi tentunya suatu yang perlu kita antisipasi juga," kata Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI Saiful Huda juga menyarankan agar mitigasi digabung antara pawang hujan dan juga TMC.

"Di-double aja. Pawang hujan yang biasanya sama yang TMC tadi," kata Huda.

Bukan hanya itu saja, antrean yang membludak membuat kepolisian kembali meminta pihak penyelenggara untuk mengantisipasi lewat penyediaan lokasi tambahan untuk penukaran tiket MotoGP Mandalika 2022.

Situasi antrean tersebut terpantau terjadi di Bandara Selaparang yang sudah resmi ditutup, dengan antrean sepanjang 200 meter. Polda NTB sudah menyarankan kepada penyelenggara adanya perbaikan.

"Kejadian penukaran tiket hari ini sudah diprediksi oleh pihak kepolisian, oleh karena itu jauh-jauh hari sebelum ini pihak Polda sudah berikan saran ke penyelenggara," tutur Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto dalam keterangannya, Rabu (16/3/2022).

Artanto meminta pihak penyelenggara belajar dari kondisi yang terjadi saat ini, agar tidak terjadi lagi penumpukan di lokasi penukaran tiket MotoGP Mandalika. Apalagi saat hari H penyelenggaraan acara.

"Saran kepolisian tentang penambahan lokasi tiket agar ditindaklanjuti oleh penyelenggara. Masih ada waktu dua hari ini untuk pembenahannya," jelas Artanto.

Sebelumnya, persiapan perhelatan MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tidak semulus yang dibayangkan. Salah satu kendala yang dihadapi kepolisian adalah terkait upaya pengaturan massa yang akan menyesaki Lombok Tengah untuk menyaksikan balapan internasional tersebut yang hingga saat ini masih belum disepakati mekanisme pelaksanaannya.

"Kekhawatiran itu terkait dengan mekanisme penukaran tiket penonton yang mencapai puluhan ribu," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto, Rabu (9/3/2022).

Dari rancangan sementara yang ada, penukaran tiket MotoGP Mandalika menjadi gelang hanya dilakukan di dua titik saja, yaitu di parkir timur dan barat saja.

"Kapolda meminta kepada pihak PT Indonesia Tourism Development Center atau (ITDC) dan turunannya agar menambah lokasi tempat penukaran tiket di pintu-pintu masuk NTB seperti pelabuhan dan bandara, tidak hanya di parkir timur dan barat saja," ujar Artanto.

Alasan yang disampaikan Kapolda agar pihak terkait mengambil langkah taktis seperti itu adalah untuk menghindari penumpukan atau antrian panjang penonton yang akan ke Sirkuit Mandalika. Polda NTB memprediksi perhelatan balap motor internasional tersebut akan dihadiri 65-100 ribu orang.

"Bila terjadi penumpukan yang berakibat terhentinya akses penonton ke sirkuit, yang akan disalahkan adalah kurang profesionalnya panitia yang tidak hanya polisi, tapi pihak terkait penyelenggara event," tegas Artanto.

Selain itu, skema rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Polda NTB pun hingga saat ini belum ditetapkan oleh ITDC, padahal penyelenggaraan MotoGP tinggal delapan hari lagi terhitung sejak 9 Maret 2022. Menurut Artanto, rekayasa lalu lintas diperlukan untuk menghindari terjadinya penumpukan menuju dua kantung parkir di lokasi Sirkuit Mandalika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.