Sukses

Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, Diharapkan Permudah Mobilitas Warga

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (25/2/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (25/2/2022). Dia berharap, dengan adanya tol tersebut bisa mendukung aktivitas masyarakat di sana.

"Tadi bapak Gubernur menyampaikan bahwa jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai 2 jam, sekarang tadi saya meniti 35 menit tapi nggak ngebut, kalau ngebut saya kira 30 menit sampai," kata Jokowi saat meresmikan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung, Sulawesi Utara.

Dia berharap, tol itu akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, orang dari Manado ke Bitung. Kemudian dari Manado ke pelabuhan internasional Bitung.

"Nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang, apabila Likupang sudah betul-betul selesai semuanya," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru

Jokowi juga berharap, pembangunan itu akan menimbulkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional.

"Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita," beber dia.

Tol Manado-Bitung akan beroperasi penuh setelah konstruksi seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 kilometer rampung sepenuhnya.

Jalan tol ini memiliki panjang keseluruhan 39,85 kilometer, dan merupakan jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi. Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat mendukung mobilitas kendaraan niaga di kawasan industri Bitung.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.