Sukses

Infografis Harga Kedelai Melambung, Perajin Tahu Tempe Kelimpungan

Dalam beberapa pekan terakhir, harga kedelai impor melambung. Kondisi itu membuat para perajin tahu tempe kelimpungan. Mereka pun menjadwalkan pemogokan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kedelai impor melambung dalam beberapa pekan terakhir. Kini harga kedelai impor di kisaran Rp 11.300 per kilogram di Pulau Jawa.

Adapun harga bahan baku utama tahu tempe itu mencapai kisaran Rp 12.500 per kg di luar Pulau Jawa. Harga kedelai berbanding jauh dengan tahun lalu sesuai penetapan pemerintah, yakni kisaran Rp 7.000 hingga 9.000 per kg.

Kondisi itu membuat para perajin tahu tempe kelimpungan. Bahkan, sekitar 30 ribu atau 20 persen perajin tahu tempe rumahan pun menghentikan produksi. Mereka tak kuat bertahan lantaran harga kedelai tidak stabil.

Para perajin tahu tempe di Pulau Jawa pun menjadwalkan mogok selama 3 hari meski kemudian beredar surat edaran pembatalan. Apa yang menjadi biang kerok kenaikan harga kedelai impor? Bagaimana ragam tanggapannya? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis

3 dari 4 halaman

Biang Kerok Kenaikan Harga

4 dari 4 halaman

Ragam Tanggapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.