Sukses

Damri: Ini Kelebihan dan Keunikan Bus Impor Zhong Tong

Perum Damri, mengimpor 66 unit armada bus dari Cina. Bus bermerk Zhong Tong. Diklaim memiliiki tiga kelebihan.

Perusahaan angkutan milik pemerintah, Perum Damri, mengimpor 66 unit armada bus dari Cina. Bus bermerk Zhong Tong. Bus ini diklaim memiliiki tiga kelebihan.

"Di dalam bus ini terpasang CCTV (tiap bus ada tiga buah kamera), GPS, dan automatic fire fighting, jadi kalau ada api otomatis air akan keluar dan mematikan api," ujar Dirut Damri, Agus S Subrata, di Kantor Perum Damri, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2013).

Selain itu, bus impor ini juga memiliki keunikan. Keunikannya terletak pada bentuk bagian depan bus. "Kami memakai model sunny bullet untuk bentuk depan bus. Dijamin orang akan lihat karena menarik," imbuh Agus.

Tidak hanya itu, bus ini juga dilengkapi dengan Wifi. "Lengkap dengan wifi. Jadi di mana-mana bisa browsing," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus memaparkan bahwa bagian atas bus itu menggunakan teknologi high deck (dengan tinggi 1,5 meter). "Ini yang pertama di dunia, rata-rata negara yang lain itu low deck (dengan tinggi di bawah 1,1 meter). Maksudnya, high deck itu supaya orang nakal tidak bisa naik ke atas bus," paparnya.

Bus Zhong Tong ini berkapasitas 150 orang, di mana 40 penumpang duduk dan sisanya berdiri. Apabila dipaksakan, dalam jam sibuk, maka bisa muat 170 penumpang.

Soal mesin, bus ini memakai mesin dari Korea, bernama Dossu, berkekuatan 340 HP (horse power).

Bus Zhong Tong diharapkan bisa membantu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatasi kemacetan di ibukota.

"Kami fokusnya siap bantu Pemda DKI Jakarta, dengan import angkutan massal. Mudah-mudahan persis 100 harinya Gubernur dan Wakil Gubernur, 66 armada bus itu bisa dimanfaatkan," ucap Direkur Utama Damri, Agus S Subrata, di kantor pusat Damri, Jalan Matraman Raya 25, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2013).

Menurut Agus, impor armada bus dari Cina ini merupakan komitmen Damri untuk membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melayani transportasi publik. Nantinya, armada baru Damri ini akan bertugas di koridor 1 (Blok M-Kota) dan koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni) dari jalur Busway.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini