Sukses

Soal Formula E, Ketua DPRD Ungkap Adanya Ijon Rp 180 M dari Pemprov ke Bank DKI

Prasetio menyebut, ijon yang dilakukan pihak Pemprov DKI tersebut menyalahi aturan. Sebab, peminjaman uang sebesar Rp 180 miliar dilakukan Pemprov DKI sebelum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) disahkan DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkap adanya ijon yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Bank DKI terkait penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E. Menurutnya, sapaan akrab Prasetio, Pemprov DKI meminjam Rp 180 miliar kepada Bank DKI.

"Jadi ada anggaran yang sebelum menjadi perda APBD itu sudah ijon kepada Bank DKI, senilai Rp 180 miliar," ujar Pras usai diperiksa di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (8/2/2022).

Pras mengakui dirinya diperiksa berkaitan dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi ajang balap Formula E. Pras tak memungkiri adanya permasalahan dalam penganggaran ajang balap mobil listrik tersebut.

"Menyampaikan hari ini seputaran permasalahan penganggaran daripada Formula E," kata dia.

Prasetio menyebut, ijon yang dilakukan pihak Pemprov DKI tersebut menyalahi aturan. Sebab, peminjaman uang sebesar Rp 180 miliar dilakukan Pemprov DKI sebelum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) disahkan DPRD.

"Dalam perundang-undangan setelah menjadi Perda, APBD, baru itu bisa dilakukan. Ini kan enggak, tanpa konfirmasi kita, dia langsung berbuat sendiri," kata dia.

Menurut Pras, tindakan yang dilakukan Pemprov DKI itu tak diketahui pihak DPRD. Dia pun menyinggung nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam permasalahan ini.

"Karena saya juga tidak diberi tahu oleh Pak Gubernur, dan dia membuat commitment fee yang pertama itu," kata Pras.

Menurutnya, pihak Pemprov DKI seolah memaksakan kehendak agar ajang Formula E tetap berjalan. Padahal, diketahui negara lagi dalam masa pandemi Covid-19.

"Ada apa sih, kok, dipaksakan. Padahal 2019 tuh belum terjadi pandemi Covid-19, ya, saya pikir ini terobosan dia (Anies), saya mengesahkan lah adanya formula E," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembelaan Anies

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memastikan anggaran yang dikeluarkan untuk turnamen Formula E akan dinikmati warga Jakarta.

Pasalnya turnamen tersebut akan digelar di Ibu Kota, tepatnya di Kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang.

Menurut Anies, cara pandang antara pengeluaran pemerintah dengan per-orangan sangat berbeda. Pemerintah mengeluarkan anggaran untuk mengirimkan dana kepada warga Jakarta, sehingga perekonomian akan bergerak.

"Ketika sebuah anggaran dikeluarkan, pertanyaannya dikeluarkan ke mana? ketika dikeluarkan di sini (Jakarta), maka sebetulnya itu dikeluarkan untuk rakyat kita sendiri, berputarnya di kita," ujar Anies yang dikutip dari YouTube Total Politik pada Minggu (6/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.