Sukses

Top 3 News: Jokowi Angkat Bicara soal Indonesia Masih Terus Impor Batu Bara

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mengaku sudah memerintahkan proyek hilirisasi batu bara sejak enam tahun lalu. Namun, dia mengakui bahwa Indonesia selama ini sudah terlanjur nyaman melakukan impor.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) pada Senin 24 Januari 2022 di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Kemudian ada pula Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang buka suara terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut pelaksanaan balap mobil listrik atau Formula E berdasarkan Peraturan Daerah tentang APBD Perubahan 2019.

Prasetyo menilai, Perda APBD Perubahan 2019 adalah tentang pembayaran commitment fee atau biaya komitmen sebesar Rp 560 milliar.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal kesaksian security pabrik saat kejadian seorang kakek berusia 89 tahun yang tewas karena diamuk massa.

Menurut security bernama Simson itu, insiden pengeroyokan yang dilakukan para pelaku di lokasi bisa mencapai puluhan orang.

Di mana, para pelaku ketika kejadian itu telah berhasil mengepung mobil Toyota Rush berwarna silver berpelat B 1859 SYL yang berhenti di trotoar, dengan membabi buta merusak mobil tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 24 Januari 2022:

2 dari 5 halaman

1. Jokowi: Berpuluh Tahun Kita Nyaman dengan Impor, Tak Pikir Kalau Rakyat Dirugikan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sudah memerintahkan proyek hilirisasi batu bara sejak enam tahun lalu. Namun, dia mengakui bahwa Indonesia selama ini sudah terlanjur nyaman melakukan impor.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin 24 Januari 2022. Adapun DME dapat menggantikan gas elpiji untuk memasak.

"Kita ini sudah berpuluh-puluh tahun nyaman dengan impor, ada nyaman dengan impor. Memang duduk di zona nyaman tuh paling enak rutinitas terus, impor, impor, impor. Enggak berfikir kalau negara itu dirugikan, rakyat dirugikan karena tidak membuka lapangan pekerjaan," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Anies Gelar Formula E Dibanding Normalisasi, Ketua DPRD: Takut Disebut Tukang Gusur

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi angkat bicara mengenai pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut pelaksanaan balap mobil listrik atau Formula E berdasarkan Peraturan Daerah tentang APBD Perubahan 2019.

Menurut Prasetyo, Perda APBD Perubahan 2019 adalah tentang pembayaran commitment fee atau biaya komitmen sebesar Rp 560 milliar.

"Menariknya, pembayaran commitment fee itu dilakukan sebelum Perda disahkan. Sementara Pak Anies telah membuat Instruksi Gubernur kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga untuk meminjam uang kepada Bank DKI. Perda APBD perubahan 2019 justru bukan untuk membayar commitment fee formula E, tapi membayar utang ke Bank DKI," kata Prasetyo di Jakarta, Senin 24 Januari 2022.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Kesaksian Mengerikan Warga Saat Lansia Diteriaki Maling Dikeroyok Massa hingga Tewas di Pulogadung

Seorang lansia berinisial HM tewas diamuk massa di kawasan Jalan Pulokambing, kawasan JIEP, Pulogadung, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Minggu 23 Januari 2022.

Kepada merdeka.com, salah seorang security pabrik, Simson selaku saksi mata insiden pengeroyokan itu menyebut jika para pelaku di lokasi bisa mencapai puluhan orang.

Dimana, para pelaku ketika kejadian itu telah berhasil mengepung mobil Toyota Rush berwarna silver berpelat B 1859 SYL yang berhenti di trotoar, dengan membabi buta merusak mobil tersebut.

"Masanya banyak ya saat itu, saya engga tau pasti tapi sampai puluhan lah. Orang dikepung gitu kah, mobil Rush nya," kata Simson saat ditemui, Senin 24 Januari 2022.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet