Sukses

Puncak Musim Hujan Sampai Februari, Warga Kabupaten Bekasi Diminta Waspada

Henri Lincoln mengimbau kepada masyarakatnya untuk waspada akan potensi bencana mengingat puncak musim hujan yang terjadi sampai Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengimbau kepada masyarakatnya untuk waspada akan potensi bencana mengingat puncak musim hujan yang terjadi sampai Februari 2022.

Hal ini berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan puncak cuaca ekstrem diperkirakan jatuh pada Januari-Februari 2022.

"Berdasarkan rilis Januari dan Februari 2022 puncaknya. Ini kita sudah lihat situasinya, bahwa perkiraan BMKG ini sudah mendekati. Situasinya, sudah terjadi curah hujan yang cukup tinggi disertai dengan angin," kata Henri, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan, cuaca ekstrem berupa angin kencang sudah terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi, dan berdampak pada rusaknya sejumlah rumah warga.

Selain angin kencang, hal lain yang menurutnya harus diwaspadai, yakni bencana banjir yang diakibatkan curah hujan yang tinggi.

Namun sejauh ini pihaknya memantau kondisi air saat hujan deras, mayoritas termasuk kategori genangan karena didukung normalisasi sungai yang dilakukan di sejumlah titik.

"Sejauh ini hasil pantauan BPBD, genangan air tidak berlangsung lama. Kategorinya masih genangan, dan belum masuk kategori banjir. Ini karena, dinas teknis sudah bekerja dengan melakukan normalisasi di beberapa titik banjir," jelas Henri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Tak Terjadi Hal Buruk

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau agar selalu waspada terhadap kemungkinan bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Khususnya warga yang berada di daerah rawan banjir.

"Apabila terjadi genangan bisa menginformasikan ke pemerintah setempat atau ke BPBD. Kita pun sudah mempersiapkan diri dengan membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana)," kata Henri.

"Jadi kita sangat terbantu. Semoga tidak terjadi seperti tahun sebelumnya. Kita berdoa tahun ini tidak ada kedaruratan banjir," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.