Sukses

Gempa Banten Magnitudo 6,7 Terasa hingga Jakarta, Depok dan Bogor

Gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Banten pada pukul 16.05 WIB, Jumat, (14/1/2022) dirasakan hingga Jakarta, Depok, Bogor dan Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Banten pada pukul 16.05 WIB, Jumat, (14/1/2022) dirasakan hingga Jakarta, Depok, Bogor dan Tangerang.

Pegawai perkantoran di Jakarta berlarian keluar gedung setelah merasakan getaran gempa. "Gempa terasa kencang," kata salah satu pegawai di Jakarta.

Sementara para aparatur sipil negara (ASN) dan warga di lingkungan Pemprov DKI Jakarta langsung berhamburan keluar ruangan saat gempa terasa. Beberapa awak media di ruangan press room langsung berteriak sekitar pukul 16.09 WIB.

"Gempa, gempa," kata salah satu awak media.

Seketika semua wartawan langsung ke luar ruangan dan mencari tempat lebih terbuka di taman samping. Sejumlah ASN juga langsung berhamburan keluar.

"Kaca-kaca bergertar, semua langsung lari," kata salah satu ASN.

Saat orang di lingkungan Pemprov DKI berkumpul di lapangan Balai Kota sambil menunggu keadaan yang lebih aman.

Gempa juga dirasakan kuat di wilayah Bogor. Pengunjung di Hotel Swiss-Belhotel, Bogor langsung berhaburan keluar gedung. Sementara yang berada di lantai atas mengevakuasi diri melalui tangga darurat.

"Saat mendengar paparan, meja bergoyang, laptop juga. Terdengar orang berteriak " gempa-gempa", kata Tison Pane dari AJI Medan.

Gempa tersebut juga dirasakan di wilayah Depok. "Ada gempa...gempa," ujar salah satu warga Depok sambil berlari keluar rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tal Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian seperti dikutip dalam laman BMKG.

Meski demikian, BMKG menyebut tetap waspada akan gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten