Sukses

5 Fakta Kembali Ditangkapnya Naufal Samudra atas Kasus Narkoba

Naufal Samudra diamankan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Januari kemarin. Naufar tak sendiri, ketika itu dia tengah bersama Dinda Kirana sang kekasih.

Liputan6.com, Jakarta Narkoba kembali menjerat selebritis Tanah Air. Penangkapan tersebut menjadi kali kedua bagi pesinetron muda, Naufal Samudra yang pernah membintangi Sinetron Mermaid In Love ini.

Namun, saat ditangkap tak ditemukan barang bukti apa pun dari tangan kekasih Dinda Kirana tersebut.

"Iya nggak ada (barang bukti narkoba)," kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander saat dihubungi, Jumat, 7 Januari 2022.

Saat diamankan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Januari kemarin, Naufar tak sendiri. Ketika itu dia tengah bersama Dinda Kirana.

Lantas, apakah sang kekasih juga ikut ditangkap? Donny menyatakan bahwa Dinda tidak ikut diamankan.

"(Dinda Kirana) ada di lokasi. Dinda Kirana nggak diamankan ya," katanya.

Sementara itu, Naufal Samudra hingga saat ini masih diperiksa secara intensif di Polda Metro Jaya. Hasilnya, dia mengaku sudah tiga kali menggunakan narkotika jenis LSD.

Berikut sederet fakta penangkapan pesinetron muda, Naufal Samudra atas kasus narkoba dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ditangkap Terkait Narkoba di Rumahnya

Polisi menangkap artis sinetron Naufal Samudra terkait kasus narkoba pada Jumat, 7 Januari 2022. Kekasih aktris Dinda Kirana itu ditangkap di kediamannya di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"(Ditangkap) di rumah Naufal ya. Di Ragunan, Pasar Minggu," ujar Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander ketika dikonfirmasi pada Jumat.

Sebelumnya, penangkapan artis tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Jumat, 7 Januari kemarin. 

"Benar Naufal Samudra sekarang diamankan di Polda Metro terkait narkoba," kata Zulpan kepada wartawan.

3 dari 6 halaman

2. Penangkapan Naufal Hasil Pengembangan Kasus Jeff Smith

Ditangkapnya Naufal Samudra merupakan hasil pengembangan kasus narkoba yang menjerat aktor Jeff Smith.

"Terkait dengan pengembangan kasus terhadap saudara Ridwan. Yang mana saudara Ridwan ini sudah kita lakukan penangkapan dan penahanan pada tanggal 24 November 2021," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1/2022).

"Hasil daripada pemeriksaan penyidik terhadap tersangka saudara Ridwan, di situ memiliki rekam jejak digital yang mengkaitkan saudara Naufal dan juga saudara Jeff Smith yang sudah kita amankan beberapa saat yang lalu terkait penggunaan narkoba jenis LSD," sambungnya.

4 dari 6 halaman

3. Barang Bukti Narkoba Tidak Ditemukan

Menurut Zulpan, dalam percakapan pesan singkat antara Ridwan dan Naufal Samudra, diketahui ada tiga pemesanan narkotika jenis LSD. Hanya saja tidak dilakukan pengambilan pada orderan terakhir.

"Kemarin pada saat kita lakukan pengamanan di kediaman saudara Naufal di rumahnya, ini penyidik tidak menemukan barbuk LSD. Kemudian juga dilakukan pemeriksaan tes urine terhadap saudara Naufal dengan hasil negatif," kata Zulpan.

5 dari 6 halaman

4. 3 Kali Pakai Narkoba LSD

Polisi melakukan pemeriksaan intensif kepada artis Naufal Samudra usai penangkapan atas dugaan kasus penyalahgunaan narkoba. Kepada penyidik, aktor berusia 21 tahun itu mengaku sudah tiga kali menggunakan narkotika jenis LSD.

"Baru, dia pakainya baru tiga kali. Sudah lama," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Zulpan, pemesanan narkotika jenis LSD oleh Naufal Samudra dilakukan pada dua bulan lalu. Hanya saja, barang tersebut tidak diambil usai melihat penangkapan Jeff Smith.

"Dia menyadari itu tidak benar dan setelah dia melihat temannya Jeff Smith yang menggunakan diamankan kepolisian, dia menyadari itu perbuatan salah," kata Zulpan.

6 dari 6 halaman

5. Naufal Samudra Dipulangkan

Dengan tidak ditemukannya barang bukti narkoba, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyampaikan, petugas akan memulangkan Naufal Samudra. Hanya saja, akan ada upaya rehabilitasi terlebih dahulu.

"Langkah berikutnya kita akan melakukan rehabilitasi kepada yang bersangkutan ke RSKO yang ada di Cibubur. Tentunya ini sebagai langkah edukasi dari pada kepolisian dalam rangka pencegahan narkoba khususnya kepada generasi muda, apalagi sebagau public figur," tutur Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Zulpan, rehabilitasi Naufal Samudra di RSKO Cibubur bukan dalam rangka menjalani hukuman. Namun lebih kepada edukasi atau pun penyuluhan untuk pembinaan psikis dan mental.

"Iya dipulangkan. Nanti akan diserahkan RSKO dahulu memberikan edukasi, baru RSKO pulangkan," kata Zulpan.Sebelumnya, satuan Narkoba Polda Metro Jaya mengamankan selebritis Naufal Samudra atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Ini merupakan seleberitis pertama yang ditangkap atas kasus narkoba di tahun 2022.

 

Elza Hayarana Sahira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.