Sukses

Duka Cita Mendalam dari JK hingga Ridwan Kamil atas Wafatnya Oded M Danial

Sempat mendapatkan bantuan pernafasan di RS Muhammadiyah, namun kondisi fisik Oded M Danial dilaporkan telah menunjukkan tanda-tanda telah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Terindikasi serangan jantung. Itulah yang disampaikan pihak RS Muhammadiyah Bandung dari hasil diagnosa yang dilakukan terhadap Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Seperti diketahui, sebelumnya Oded mendadak jatuh pingsan saat akan mengisi khutbah salat Jumat pada hari ini, Jumat (10/12/2021) di Masjid Mujahiddin, Lodaya.

Dalam video yang beredar, oleh sejumlah pengurus masjid, Wali Kota Bandung tersebut lalu digontong dengan tandu dan langsung dilarikan ke RS untuk mendapat penanganan medis. 

Sempat mendapatkan bantuan pernafasan, namun kondisi fisiknya dilaporkan telah menunjukkan tanda-tanda telah meninggal dunia.

Sekitar pukul 12.00 WIB, pria yang akrab disapa Mang Oded itu pun dinyatakan meninggal dunia. Saat ini, jenazah Oded M Danial telah berada di Pendopo Wali Kota Bandung untuk disalatkan.

Kepergiannya yang begitu tiba-tiba sontak membuat sejumlah tokoh dan sahabat merasa kehilangan. Salah satunya datang dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Berikut ungkapan duka cita mendalam dari mantan Wapres Jusuf Kalla hingga Ridwan Kamil atas berpulangnya Wali Kota Bandung Oded M Danial: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mantan Wapres Jusuf Kalla

Pantauan secara virtual, ratusan pelayat hadir di Pendopo Wali Kota Bandung untuk menyampaikan rasa duka dan ikut salat jenazah.

Ada banyak tokoh yang hadir untuk melepas kepergian Oded M Danial di tempat kelahirannya. Salah satunya adalah mantan Wapres Jusuf Kalla.

JK bahkan melakukan salat jenazah bersama Ridwan Kamil dan rombongan. JK juga menyampaikan ucapan bela sungkawa atas kepergian Oded M Danial.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga almarhum khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata pria yang akrab disapa JK itu.

3 dari 5 halaman

2. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Kabar meninggalnya Oded M Danial ini, sebelumnya juga dibenarkan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya, Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung turut berduka atas meninggalnya orang tua kita, kakak kita, sahabat kita, semua kita doakan semoga almarhum Mang Oded diampuni segala dosa-dosanya, dilapangkan kuburnya dan kita doakan semoga Mang Oded wafat dalam keadaan husnul khatimah,” kata Yana melalui pesan suara yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/12/2021).

Sebelum menjadi wali kota, Oded menjadi Wakil Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Selama menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung, ia mendampingi Ridwan Kamil yang kala itu menjabat selaku Wali Kota Bandung.

Selain itu, Oded dilantik menjadi Wali Kota Bandung periode 2018-2023. Oded berpasangan dengan Yana Mulyana. 

"Sebagai sahabat, sebagai rekan perjuangan selama mendapat amanat selama tiga tahun dalam suka duka dan saudara paling dekat dari hati ke hati dalam membangun kota Bandung, semoga semua warga Bandung mendoakan Mang Oded agar diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT," ujar Yana.

4 dari 5 halaman

3. Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Sementara itu, Presiden Partai Kealian Sejahteran (PKS) Ahmad Syaikhu mengaku mendengar kabar duka tersebut selepas salat Jumat.

"Innalillahi wa innailaihi Rooji'un. Kabar duka itu datang usai jutaan umat Islam mendirikan Sholat Jumat. Walikota Bandung Oded M Danial atau Mang Oded meninggal dunia," kata Ahmad Syaikhu dalam keterangannya, Jumat.

Menurut dia, Mang Oded merupakan sosok teladan dan guru baginya. Dia pun merasa kehilangan atas kepergian Mang Oded yang secara tiba-tiba.

"Almarhum adalah sosok teladan. Beliau juga guru bagi saya. Kepemimpinannya banyak menginspirasi. Beliau salah satu kader terbaik PKS. Saya dan kita semua kehilangan beliau. Keramahannya, ketulusannya, kerendahatiannya, keberagamaannya," tutur Syaikhu.

5 dari 5 halaman

4. Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Tokoh lainnya yang hadir melepas kepergian Wali Kota Bandung Oded M Danial adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Mudah-mudahan semua urusan hari ini dilancarkan, almarhum akan dimakamkan di kampung halaman di Tasikmalaya," kata Ridwan Kamil. 

"Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Barat, masyarakat Kota Bandung, Masyarakat Jawa Barat kita sangat kehilangan, saya bersaksi, Almarhum adalah orang yang baik, saleh, berakhlak sangat mulia," kata Emil menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.