Sukses

Gunung Semeru Meletus, BPBD Jatim: Korban Jiwa Nihil

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu sore.

Liputan6.com, Surabaya - Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur meletus, Sabtu (4/12/2021) sore. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur turun tangan.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Budi Santosa mengungkapkan, masih belum terdapat korban jiwa dalam peristiwa erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

"Korban nihil dan dampak dari peristiwa itu masih dalam pendataan," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Surabaya, Sabtu (4/12/2021).

Budi menceritakan, berdasarkan pantauan dilapangan, fenomena alam erupsi Gunung Semeru itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Terjadi peningkatan Aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran. Warga Diimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPBD Bantu Evakuasi Warga

Budi menegaskan, agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru.

"BPBD Kabupaten Lumajang berkoordinasi dengan perangkat desa setempat. Perkembangan akan kami sampaikan selanjutnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.