Sukses

Angin Kencang, 2 Kapal di Pelabuhan Merak Tabrakan

Dua kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten tabrakan akibat angin kencang. Dua kapal yang tabrakan ialah KMP Farina Nusantara dan KMP Nusa.

Liputan6.com, Jakarta - Dua kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten tabrakan akibat angin kencang. Dua kapal yang tabrakan ialah KMP Farina Nusantara dan KMP Nusa.

Keduanya sedang lepas jangkar dan kapal tersebut bawa angin yang sangat kencang hingga akhirnya bertabrakan.

"Kejadian senggolan Farina Nusantara dengan Nusa Jaya di area labuh Merak kemarin, sekitar jam 17.30 wib, saat kondisi cuaca cukup ekstrim. Info dari kapal kecepatan angin sampai 45 knot," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Hariyanto, Rabu (24/11/2021).

Saat kejadian, angin bertiup kencang, ombak tinggi dan hujan pada Selasa, 23 November 2021, sekitar pukul 17.10 wib. Kemudian KMP Nusa Jaya bersama petugas Local Port Service (LPS) Pelabuhan Merak memanggil KMP Farina Nusantara melalui sambungan radio, namun tidak ada respons.

Sekitar pukul 17.20 wib, KMP Farina Nusantara baru merespons panggilan yang dilakukan terus menerus dan melakukan tindakan untuk menghindari tabrakan. Nahas, tabrakan dua kapal tetap terjadi.

"KMP Farina nusantara menyenggol lambung kiri KMP Nusa Jaya, sehingga lambung kapal Nusa Jaya sobek 1 meter. Kapal Farina Nusantara juga menyenggol cerobong KMP Nusa Jaya yang mengakibatkan penyok," kata Kepala KSOP Banten, Barlet Silalahi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Kapten kapal juga sudah membuat laporan ke petugas terkait. Meski mengalami kerusakan, beruntung tidak menelan korban jiwa.

"Sementara tidak ada (korban jiwa)," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.