Sukses

Anies Baswedan Ziarah ke Sunan Gresik, Pemanasan Jelang Pilpres?

Anies Baswedan menyatakan, kedatangannya ke Gresik, Jawa Timur hanya murni untuk berziarah ke makam Maulana Malik Ibrahim. Tidak ada agenda lain.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berziarah ke Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik yang berada di Jalan Malik Ibrahim, Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (13/11/2021).

"Ini murni berziarah saja ke makam beliau. Tidak ada kegiatan lain di Gresik, ini murni berziarah," kata Anies.

Namun saat disinggung terkait persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Anies tidak menjawab. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode pertama Presiden Jokowi itu hanya tersenyum.

Seperti dikutip dari Antara, Anies Baswedan terlihat memakai baju koko biru gelap, berkopiah hitam, bersarung saat berziarah di Makam Sunan Gresik. Dia mengikuti doa yang dipimpin Habib Saleh dan Habib Abdullah.

Dalam kunjungan yang tidak berlangsung lama itu, Anies terpantau berziarah ke beberapa makam ulama, seperti Habib Abu Bakar Assegaf.

"Ini untuk berdoa kepada Allah SWT dan mencari berkah dari para ulama penyebar agama Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Kita ingin berkah beliau Syekh Maulana Malik Ibrahim, beliau kan sesepuh Wali Songo yang banyak berjasa menyebarkan agama Islam di Indonesia, khususnya Gresik," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Ulama Jatim

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar di kediamannya, Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyad Gasek Kota Malang, Jumat (12/11/2021).

Anies tiba dengan disambut langsung Kiai Marzuki bersama santrinya.  Anies mengatakan, dia akan menuju Surabaya untuk seminar. Tetapi, saat di Jakarta bertemu KH Marzuki, ia berjanji dan berniat untuk bisa datang ke ponpes dan akhirnya hal tersebut pun ia penuhi.

"Jadi sambil berjalan seminar, sudah diniatkan waktu itu pak Kiai datang ke Jakarta ada pertemuan. Lalu kita sama-sama janjian. Suatu saat saya tak mampir, akhirnya sekarang di sini," ujar Anies, Jumat (12/11/2021), dikutip dari Antara.

Banyak hal yang dia bahas dalam pertemuan tersebut. Anies bersama KH Marzuki terlihat mengobrol santai dan bersenda gurau di kediamannya.

"Jadi silaturahmi saja sama pak Kiai Marzuki," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.