Sukses

Pengamat Yakin DPR Akan Muluskan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI yang dilakukan DPR RI terhadap Andika Perkasa dinilai hanya sebagai formalitas saja.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Ujang Komarudin yakin DPR RI bakal memuluskan langkah Jenderal Andika Perkasa menjadi panglima TNI. Andika diketahui menjalani fit and proper test atau uji kelayakan di DPR RI.

"Kalau kita melihat dari sejarah-sejarah yah, pascareformasi semua proses politik di DPR tak ada yang ditolak, baik TNI atau Polri. Jadi saya berkeyakinan (uji kelayakan) akan mulus dan lancar saja," ujar Ujang kepada Liputan6.com dikutip Sabtu (6/11/2021).

Menurut Ujang, uji kelayakan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI di DPR hanya formalitas saja. Namun jika Andika tak lolos dalam uji kelayakan di DPR kali ini, maka akan menjadi sejarah di Indonesia.

"Itu menurut saya ritual formalitas saja yang harus dijalani, kecuali kalau ditolak itu akan menjadi sejarah lain," kata dia.

Ujang berharap, jika nantinya Andika Perkara menduduki jabatan sebagai Panglima TNI, banyak pekerjaan rumah yang harus dijalani Andika. Pertama, tentunya Andika harus bisa menjaga keutuhan NKRI.

"Kita tahu ancaman terberat kita bukan hanya sektor keamanan, tapi pertahananan negara. Kita tahu Papua, sering bergejolak, itu harus bisa diantisipasi oleh Andika, jadi ini penting karena fungsi TNI merekatkan atau menjaga NKRI seutuhnya. Saya rasa itu paling penting," kata dia.

Pekerjaan rumah lainnya yang menunggu Andika menurut Ujang yakni, dia harus bisa mewujudkan kesejahteraan para prajurit TNI. Ujang melihat ada ketimpangan kesejahteraan antara prajurit TNI dan Polri.

"Baru setelah itu yang lainnya, seperti kesejahteraan prajurit. Ini penting, kita tahu bahwa hari ini yang lebih sejahtera Kepolisian, ya kan, tentara atau prajurit banyak yang tidak sejahtera, ini tantangan tersendiri bagi Andika. Selain itu, dalam setahun ini Andika tidak boleh main politik," kata Ujang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Digelar Hari Ini

Komisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung hari ini, Sabtu (6/11/2021) pukul 10.00 WIB.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menyatakan, dalam sesi pemaparan visi misi calon panglima TNI, acara akan bersifat terbuka untuk umum. 

Namun rapat akan digelar tertutup saat Andika Perkasa menyampaikan hal strategis dan yang berkenaan dengan kebijakan.

"Sifat terbuka untuk visi misi, kecuali untuk hal-hal strategis. Kehadiran fisik," kata Meutya dalam keterangan tulis dikutip pada Jumat (5/11/2021).

Acara bakal dilanjutkan dengan rapat internal Komisi I DPR RI untuk membulatkan persetujuan penunjukan Panglima TNI.

"Dilanjutkan rapat internal Komisi I untuk pemberian persetujuan, pada Sabtu 6 November pukul 13.00 WIB," katanya. 

Hasil rapat internal selanjutnya diserahkan kembali kepada Pimpinan DPR untuk dibawa ke paripurna.

"Direncanakan dapat diparipurnakan Senin, 8 November," papar Meutya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.