Sukses

Detik-Detik Pembakaran Kantor Airnav di Sugapa Intan Jaya Papua

Kkejadian bermula pada pukul 15.38 Wib, KKB melakukan aksi penembakan ke Polsek Sugapa dari arah Tower Telkomsel.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan pembakaran kantor Airnaf di Sugapa Intan Jaya Papua. Kejadian ini terjadi pada Jumat (29/10/2021) sekitar pukul 16.00 Wit.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, kejadian ini bermula pada pukul 15.38 Wib, KKB melakukan aksi penembakan ke Polsek Sugapa dari arah Tower Telkomsel. Sehingga, hal itu membuat personel membalas tembakan dan terjadi kontak tembak.

"Pada saat terjadinya kontak tembak, sekitar Pukul 16.00 Wit mendapatkan informasi bahwa telah terjadi pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap bangunan Rumah milik Bapak Rian," kata Kamal seperti dikutip dari Merdeka.com, Sabtu (30/10/2010).

"Pukul 16.15 Wit, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) semakin brutal dan melakukan aksi penembakan ke Pos Satgas 521 dan personel BKO Brimob yang bertempat di Perumahan Sekretaris Daerah Kabupaten Intan Jaya," sambungnya.

Lalu, pada pukul 16.20 WIT, KKB melakukan aksi pembakaran bangunan gudang, mobil ambulance dan mobil tangki air milik Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya.

"Selanjutnya personel menuju ke TKP pembakaran, saat tiba di Bandara Bilorai, personel mendapat gangguan tembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Setelah terjadi kontak tembak personel melakukan pembersihan di lokasi pembakaran," jelasnya.

"Pukul 17.50 Wit, personil Gabungan TNI-Polri dan Satgas Nemangkawi kembali ke Polsek Sugapa," tambahnya.

Kamal menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Saat ini, petugas gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB.

"Dari kontak tembak tersebut, tidak terdapat korban jiwa dari personel TNI-Polri serta masyarakat yang ada di Kota Sugapa. Saat ini personel Gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran dan patroli untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)," tutupnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kantor Airnav Bandara Dibakar

Sebelumnya, Kantor Airnav Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua dibakar gerombolan orang tak dikenal, Jumat (29/10) sekira pukul 16.00 Wit. Hal itu dibenarkan Komandan Kodim 1705/Nabire, Letnan Kolonel Infantri Anjuanda Pardosi.

"Memang benar ada laporan tentang aksi pembakaran yang dilakukan KKB di sekitar kawasan Bandara Sugapa, yakni pembakaran Kantor Airnav," katanya di Jayapura, Papua, seperti diberitakan Antara.

Ia menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu dan saat ini karyawan-karyawan instansi negara itu sudah mengungsi ke gereja.

Sebelum membakar, gerombolan bersenjata itu sempat kontak tembak dengan personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Daerah Rawan dari Batalion Infantri 501/BY dan Satgas Belukar.

Karena terdesak itulah gerombolan bersenjata itu membakar Kantor Airnav Bandara Sugapa. "Beberapa hari terakhir ini gangguan keamanan yang dilakukan KKB meningkat," kata dia.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.