Sukses

Puan Sandang Gelar Dr. HC dari PKNU, Wakil Ketua DPD RI: Beliau Pantas Mendapatkannya

Sultan menerangkan saat ini hanya sedikit tokoh politik perempuan dunia yang eksis dan sukses memimpin lembaga eksekutif dan legislatif.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mengapresiasi capaian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Puan Maharani Sukarnoputri atas gelar Doktor Honoris Causa dari kampus ternama Korea Selatan, Puk Yong National University (PKNU).

"Saya kira, sebagai seorang politisi yang aktif menyerukan peran perempuan dalam dunia politik di banyak forum Internasional, Beliau pantas menyandang gelar kehormatan tersebut. Sebagai kolega kami tentu turut bahagia dan bangga dengan capaian Bu Puan," ungkap Sultan melalui keterangan resminya, Rabu (8/11/2022).

Senator muda asal Bengkulu itu pun mengakui bahwa gelar Doktor Honoris Causa tersebut merupakan wujud pengakuan publik internasional terhadap kinerja Puan Maharani dalam memimpin Parlemen Indonesia pada periode ini. Sejauh ini Puan efektif meneduhkan suasana politik Parlemen yang multi fraksi partai politik.

"Sangat jarang kita menjumpai pengaruh politik seorang tokoh nasional yang mampu mengelola berbagai jenis kekuatan politik dan kemudian menghasilkan produktivitas legislasi DPR selama ini. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman, ketenangan dan gaya komunikasi Bu Puan yang secara lembut menyentuh kekuatan-kekuatan politik Nasional," puji mantan Ketua HIPMI Bengkulu itu.

Lebih lanjut Sultan menerangkan bahwa saat ini hanya terdapat sedikit tokoh politik perempuan dunia yang eksis dan sukses memimpin lembaga eksekutif dan legislatif. Dan Puan berhasil menarik perhatian pengamat politik Internasional untuk melihat budaya politik Indonesia yang demokratis dan memiliki sense of gender.

"Artinya, dengan gelar Doktor Honoris Causa dari kampus Korea Selatan itu, Bu Puan secara resmi sudah menjadi tokoh perempuan yang sangat menginspirasi perempuan dunia untuk berkiprah di dunia politik. Karena masih banyak negara demokrasi yang belum sepenuhnya memberikan kesempatan bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya di bidang politik," tutupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampaikan Terima Kasih

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan mendedikasikan gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Politik dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan, untuk kepemimpinan perempuan Indonesia.

Pengukuhan Puan sebagai Doktor Honoris Causa digelar di College Theatre PKNU, Busan, Senin (7/11/2022). Sebelum acara dimulai, Puan yang didampingi mantan presiden sekaligus ibundanya, Megawati Soekarnoputri, dan beberapa anggota DPR melakukan pertemuan dengan Rektor PKNU Jang Young-soo.

Puan menyampaikan terima kasih atas anugerah gelar kehormatan itu karena PKNU merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan dan di dunia.

"Sungguh merupakan suatu kehormatan yang begitu membanggakan dan membahagiakan bukan saja bagi saya, tetapi juga bagi keluarga besar kami, khususnya Ibu kami Megawati Soekarnoputri," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.