Sukses

Lendo Novo, Alumni Perminyakan ITB yang Jadi Penggagas Sekolah Alam

Lendo Novo meninggal dunia pada Minggu (22/8/2021). Almarhum merupakan pria kelahiran Jakarta, 6 November 1964.

Liputan6.com, Jakarta Penggagas dan konseptor Sekolah Alam, Lendo Novo meninggal dunia pada Minggu (22/8/2021). Almarhum merupakan pria kelahiran Jakarta, 6 November 1964.

Berdasarkan laman School of Universe, dia memiliki pemikiran tentang konsep kurikulum pendidikan yang menjadikannya sebagai tokoh inspiratif. Menurut Lendo, pengembangan akhlak dengan metode teladan adalah salah satu gagasan dasar tentang pendidikan.

Selain itu, almarhum juga dikenal sebagai aktivis yang pernah melakukan perlawanan terhadap rezim orde baru. Dia percaya bahwa sekolah adalah wadah yang memberi kebebasan bagus setiap anak untuk berekspresi.

Sementara guru harus menjadi fasilitator, menyediakan ruang pada anak-anak untuk berekspresi. Dia merupakan alumni Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Saat muda, dia tumbuh sebagai pemuda pendobrak kemapanan dan mendorongnya untuk terlibat dalam dunia aktivisme.

Beberapa kali Lendo menjalani fase dan menimba pengalaman mendirikan sekolah. Akhirnya dia mendirikan Sekolah Alam Ciganjur pada tahun 1998.

Selanjutnya pada 2004, School of Universe merupakan sekolah lanjutan dari tingkatan pendidikan dasar di Sekolah Alam Ciganjur, yakni Sekolah Menengah (SM).

Sekolah ini berusaha berinovasi menciptakan pengusaha muda berakhlak mulia, dengan logika berpikir yang baik, dan kepemimpinan yang hebat.

School of Universe disesuaikan dengan standar pendidikan di Indonesia. Dalam pendidikan menengah (SMP-SMA), kurikulum yang digunakan merupakan pengembangan dari integrasi kurikulum dasar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Baswedan Ucapkan Belasungkawa

Sementara itu, berita duka atas meninggalnya Lendo Novo disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial @aniesbaswedan.

"Innalillahi wa inna lillahi raji'un. Turut berdukacita atas berpulangnya Bang Lendo Novo, penggagas dan konseptor sekolah alam," bunyi unggahan Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan rasa kehilangannya kepada sosok Lendo. Selain sosok pendidik dan pejuang lingkungan, Lendo pernah membantu Anies di Kemendikbud.

"Dulu semasa bertugas di Kemendikbud, Bang Lendo ikut membantu di Gugus Tugas Pendidikan Anti Kekerasan," ucapnya.

Selain itu, Anies juga menyatakan Lendo pernah memberikan masukan saat dirinya mengikuti Pilgub DKI 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.