Sukses

Umumkan Harga Tes PCR Rp 525 Ribu, Pemkab Tangerang Minta Maaf

Pemerintah Kabupaten Tangerang mengunggah postingan terkait harga tertinggi tes PCR sebesar Rp 525 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Tangerang mengunggah postingan terkait harga tertinggi tes PCR sebesar Rp 525 ribu. Padahal, pemerintah menetapkan, tarif tes PCR di Jawa-Bali termahal Rp 495 ribu.

Informasi soal harga tes PCR ini dirilis melalui akun media sosial milik Pemerintah Kabupaten Tangerang, yakni @pemkabtangerang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Muchlis, memohon maaf atas kesalahan informasi tarif tes PCR tersebut.

"Mohon maaf, itu salah, bukan Rp 525 ribu, tapi yang betul Rp 495 ribu dan rumah sakit di Kabupaten Tangerang pun sudah pakai tarif yang Rp 495 ribu itu," kata Muchlis, Jumat (20/8/2021).

Agar tidak ada kesalahan informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang akan memberikan Surat Edaran (SE) Bupati Tangerang terkait harga tertinggi PCR tersebut.

"Kita juga akan berikan SE-nya. Dan disini, untuk tarif tersebut hanya berlaku bagi tes mandiri atau warga yang membutuhkan tes untuk keperluan pribadi, bukan untuk tes dari program 3 T (tracing, testing, treatment)," ujar Muchlis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlaku di Fasilitas Kesehatan Swasta

Tarif tersebut akan berlaku di seluruh layanan rumah sakit atau fasilitas kesehatan di Kabupaten Tangerang. Termasuk di rumah sakit atau fasilitas kesehatan milik swasta.

"Di RSUD atau puskesmas tidak pakai tarif, karena gratis. Tarif ini untuk rumah sakit swasta, seperti RS Siloam Karawaci, RS Melati, dan lain-lain. Dan untuk hasilnya sesuai instruksi, yakni 1 x 24 jam," tutur Muchlis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.