Sukses

Top 3 News: Oknum TNI AD Halangi Ambulans Bawa Pasien Ditahan

Praka AMT telah diproses hukum dan diberikan tindakan tegas terkait tindakannya yang diduga sengaja menghalangi laju mobil ambulans.

Liputan6.com, Jakarta Aksi yang dilakukan oknum TNI AD berpangkat Praka, sempat viral di media sosial. Dia diduga secara sengaja menghalangi laju ambulans yang tengah membawa pasien. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa, 13 Agustus 2021 di kawasan Otista Raya.

Dalam video berdurasi 41 detik yang beredar, pria berseragam tersebut seakan tak mau mengalah dengan ambulans. Menurut sang sopir, saat itu dirinya tengah membawa seorang bayi yang lahir prematur. 

Belakangan diketahui, pria berseragam tersebut oknum TNI AD berinisial AMT. Atas perbuatannya dia kini di tahan dan tengah menjalani pemeriksaan. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Selasa, 17 Agustus 2021.

Sementara itu, dari puncak peringatan HUT ke-76 RI yang digelar di Istana Negara, Selasa, 17 Agustus kemarin naskah asli Teks Proklamasi yang merupakan tulisan tangan Presiden Pertama RI, Sukarno dihadirkan di halaman Istana.

Tahun ini menjadi tahun kedua, arsip bersejarah tersebut dihadirkan di Istana Merdeka yang disandingkan dengan bendera pusaka. 

Sosok-sosok yang bertugas di puncak HUT Kemerdekaan juga tak kalah menuai sorotan. Selain para putra putri berprestasi yang terpilih menjadi anggota Paskibraka, Komandan Upacara HUT ke-76 RI juga tak sedikit menyita perhatian publik.

Dia adalah Asops Kosekhanudnas II Makassar, Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Pria kelahiran 9 Oktober 1977 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 17 Agustus 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Oknum Anggota TNI AD yang Viral Halangi Ambulans di Jaktim Ditahan

TNI AD mengambil langkah tegas terhadap oknum anggota berinisial Praka AMT yang diduga menghalangi ambulans di wilayah Jakarta Timur. Aksi tak terpuji oknum anggota TNI AD itu viral di media sosial (medsos).

Kepala Dinas Penerangan AD (Kadispenad), Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan Praka AMT telah diproses hukum dan diberikan tindakan tegas terkait tindakannya yang diduga sengaja menghalangi laju mobil ambulans.

"Hal tersebut terbukti dengan adanya tindakan yang telah diambil terhadap oknum prajurit, atas nama Praka AMT yang diduga dengan sengaja menghalangi laju ambulans saat membawa pasien di daerah Otista Raya, Jakarta Timur, pada Jumat (13/8) lalu," kata Tatang dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

Ia menegaskan, tindakan tegas yang diberikan kepada oknum prajurit yang melakukan pelanggaran tersebut sudah sesuai dengan komitmen pimpinan TNI AD.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Praka AMT mulai Sabtu (14/8) menjalani proses pemeriksaan sesuai dengan hukum yang berlaku," tutupnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. HUT ke-76 RI, Naskah Asli Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno Dihadirkan di Istana

Sekretariat Presiden akan kembali menghadirkan naskah asli Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Selasa 17 Agustus 2021.

Naskah asli Teks Proklamasi tulisan tangan Presiden Pertama RI, Sukarno itu telah diserahterimakan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ke Sekretariat Presiden. Dokumen bersejarah tersebut nantinya akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

Seperti dilansir Antara, proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi ANRI Kandar, kepada Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko, dengan turut disaksikan oleh Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, serta Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan.

Setelah proses serah terima naskah asli Teks Proklamasi, arsip tersebut selanjutnya dibawa dari tempat penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana Merdeka oleh Sekretariat Presiden.

Kehadiran teks proklamasi diharapkan dapat menambah kekhidmatan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kolonel Pnb Putu Sucahyadi Jadi Komandan Upacara HUT ke-76 RI

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan digelar di Istana Merdeka hari ini, Selasa (17/8/2021). Asops Kosekhanudnas II Makassar, Kolonel Pnb Putu Sucahyadi, didapuk menjadi Komandan Upacara HUT ke-76 RI.

Putu Sucahyadi, kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999.

Sementara, yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf Suryadi Nataatmaja yang saat ini bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Pihak Istana sebelumnya mengumumkan Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Selasa, 17 Agustus 2021

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.