Sukses

Kolonel Faisol Izuddin Jadi Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-76 RI di Istana

Kolonel Infanteri Faisol Izuddin adalah lulusan Akademi Militer tahun 1999 dan kini menjabat Komando Brigade Infanteri 26 Kurana Biarawaimo Kodam 18 Kasuari.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara penurunan Sang Saka Merah Putih berlangsung tepat pada pukul 17.00 WIB di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).  

Upacara dibuka dengan seremoni dan suara terompet petugas upacara yang terdiri dari anggota TNI - Polri.

"Upacara penurunan Sang Merah Putih segera dimulai," ujar sang pembawa acara seperti disiarkan secara daring via kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Bertindak sebagai komandan upacara Kolonel Infanteri Faisol Izuddin Karimi. Dia adalah lulusan Akademi Militer tahun 1999 dan kini menjabat Komando Brigade Infanteri 26 Kurana Biarawaimo Kodam 18 Kasuari.

Sebelumnya, upacara detik-detik proklamasi telah dilakukan pada pagi hari, dengan Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembawa Baki di Upacara Penurunan Bendera di Istana

Sementara itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tim Indonesia Tumbuh bersiap menjalankan tugasnya dalam upacara penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Qyara Maharani Putri dipercaya sebagai pembawa Bendera Merah Putih saat nanti diturunkan.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Qyara merupakan anggota Paskibraka dari Provinsi Jawa Barat. Saat ini, perempuan yang lahir di Jakarta, 18 Desember 2004 silam tersebut sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Garut.

Tiga orang lainnya dari tim Indonesia Tumbuh yang bertugas untuk menurunkan bendera adalah M Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8. Bimantara sendiri mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Kemudian, ada Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera. Zaidaan mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, yang bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1999.

Pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.