Sukses

Setetes Darah Selamatkan Nyawa, GP Nasdem Ajak Pemuda Donor Plasma Konvalesen

Ketua DPP Partai Nasdem bidang Pemuda dan Olahraga ini mengajak sebisa mungkin para pemuda bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan setetes darah.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP Garda Pemuda (GP) NasDem, Mohammad Haerul Amri mengajak kepada para pemuda, organisasi kepemudaan dan masyarakat untuk mengkampanyekan pentingnya donor plasma konvalesen. Setetes darah plasma konvalesen yang didonorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

“GP Nasdem sudah memulai dengan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma). Saya berharap program ini sebagai awal yang baik dan bisa diikuti oleh pemuda lainnya baik secara individu maupun para OKP (Organisasi Kepemudaan),” harap Haerul Amri dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Agustus 2021.

Dibeberkan Aam, biasa Mohammad Haerul Amri disapa, kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi sekali, karena angka warga yang terpapar dan meninggal akibat terpapar Covid-19 juga masih tinggi. Data dari PMI Jakarta maupun PMI Pusat menyebutkan antara ketersediaan dengan kebutuhan tidak berimbang.

Karenanya, Ketua DPP Partai Nasdem bidang Pemuda dan Olahraga ini mengajak sebisa mungkin para pemuda bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan setetes darah.

“Sayangnya, gerakan donor plasma konvalesen ini masih minim sekali. Padahal, darah yang didonorkan akan sangat berarti bagi yang lain. Bahkan, setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” terang Aam.

Sudah banyak terbukti, pasien Covid-19 yang mendapatkan donor plasma konvalesen tingkat penyembuhannya sangat tinggi sekali. Makanya, GP Nasdem berinisiatif untuk membantu sesama dengan menelurkan progran donor plasma konvalesen. Lagi-lagi, ia berharap semoga program ini diikuti oleh penyintas Covid-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Pemuda Siaga Pandemi

Lebih jauh, Aam juga membeberkan saat ini banyak warga yang belum memahami pentingnya plasma konvalesen. Karenanya, selain donor plasma, GP Nasdem juga mengedukasi masyarakat, khususnya penyintas Covid-19 agar bersedia mendonorkan darahnya untuk pasien Covid-19. Pasalnya, tidak semua penyintas bisa mendonorkan darahnya.

Lalu bagaimana dengan program PSP Berderma yang sudah digulirkan? Aam bersyukur karena program Garda Pemuda tersebut disambut baik oleh masyarakat. “Alhamdulillah, di beberapa daerah berjalan dengan baik dan respon warga juga sangat luar luar bisa. Yang tertarik mendonorkan bukan hanya orang dewasa tapi juga ada milenial dan mahasiswa,” ungkap Aam.

Data sementara yang didapatkan dari sejumlah daerah ada yang mendonorkan darah biasa sebanyak 83 orang, sedangkan jumlah pendonor plasma konvalesen mencapai 63 orang.

Namun, Aam yang juga menjabat wakil ketua umum PP GP Ansor ini mengakui ada beberapa permasalahan di beberapa provinsi yang belum memiliki donor plasma konvalesen. Sejauh ini, di Indonesia baru ada 40 titik. Yang banyak di Pulau Jawa, Banten. Bahkan, di Sulut baru ada 1 tempat yakni di Manado.

Seperti diberitakan, GP NasDem telah meluncurkan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) dalam rangka membantu pemerintah menangani Covid-19.

Peluncuran dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum GP Nasdem, Prananda Surya Paloh, Sabtu (17/7/2021). Peluncuran PSP Berderma itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun GP Nasdem, sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Untuk merealisasikan program tersebut, DPP GP Nasdem telah membentuk Satgas PSP Berderma dari mulai tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Di tingkat pusat, ditunjuk Duwi Pratiwi yang merupakan Wasekjen DPP GP Nasdem sebagai koordinator nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.