Sukses

Jokowi: RS Modular Pertamina Punya 305 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau Rumah Sakit (RS) Modular Darurat Covid-19 di Tanjung Duren Jakarta Barat, Jumat (6/8/2021). Jokowi menyebut RS yang dibangun oleh Pertamina ini memiliki 305 tempat tidur dan dilengkapi dengan ICU dan NICU.

"Saya sangat berterima kasih kepada Menteri BUMN, pada Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina ini dengan kapasitas 305 tempat tidur yang komplet dengan ICU dan juga NICU," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (6/8/2021).

Tak hanya itu, dia mengatakan RS Modular Pertamina juga memiliki ICU khusus untuk anak-anak, bayi, dan ibu-ibu. Dengan begitu, Jokowi meyakini RS ini dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

"Saya sangat mengapresiasi sekali lagi, semoga ini bisa bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat," ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi sendiri bersyukur situasi pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali sudah mulai melandai. Bahkan, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Wisma Atlet saat ini sudah di angka 25 persen.

"6 minggu atau 8 minggu yang lalu di Wisma Atlet BOR-nya di sekitar 90-an persen. Pagi hari ini, saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada di posisi 25 persen BOR-nya," tutur Jokowi.

  

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Total Kapasitas 300 Tempat Tidur

Sebagai informasi, Pertamina kembali membangun RS Modular Darurat Covid-19 per Juli 2021. RS ini dibangun di lahan seluas 4,2 hektare dengan total kapasitas sekitar 300 bed untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien Covid-19, khususnya yang kritis.

Dari 300 tempat kapasitas yang disediakan, RS Modular Tanjung Duren ini mengalokasikan 128 tempat tidur untuk ruang perawatan. Kemudian, 70 tempat tidur di ruang IGD dan IGD ICU serta 104 tidur khusus untuk di Gedung ICU.

Dilansir dari situs resmi Pertamina, RS Modular Tanjung Duren akan dilengkapi negative pressure dan filter HEPA sehingga udara yang dilepaskan keluar rumah sakit tetap aman untuk lingkungan.

Selain itu, ada pula ruang operasi, ruang laboratorium, radiologi (CT Scan dan X-Ray), instalasi farmasi, instalasi gizi, ruang sentral sterilisasi, ruang laundry, dan ruang pemulasaraan jenazah.

Sebagaimana RS modular Simprug, RS Modular Tanjung Duren juga akan dilengkapi instalasi hemodialisis (terapi cuci darah) untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan cuci darah dan ruang bersalin bagi ibu hamil positif Covid-19.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: