Sukses

Jokowi: Pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali Mulai Menurun, Utamanya di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut bahwa pandemi Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali sudah menunjukkan angka penurunan, khususnya di DKI Jakarta. Hal ini terlihat dari tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 yang mulai menurun.

"Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini ini angka-angka menunjukkan bahwa pandemi di Jawa dan di Bali mulai sedikit menurun dan utamanya di Jakarta," jelas Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina Jakarta Barat sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (6/8/2021).

Dia mengaku selalu memantau BOR di sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Wisma Atlet. Jokowi mengungkapkan BOR di Wisma Atlet Jakarta telah turun signifikan dari 90 persen menjadi 25 persen.

"Pagi hari ini, saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada di posisi 25 persen BOR-nya," ujar dia.

Kendati begitu, Jokowi tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19. Salah satunya, dengan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Kita juga harus tetap waspada, hati-hati terus bersiap-siap, berjaga-jaga," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Perpanjang PPKM

Seperti diketahui, pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat mulai 3 Juli 2021 karena penyebaran virus corona di Indonesia meningkat signifikan. Kemudian, pemerintah merubah kebijakan tersebut dengan istilah PPKM Level 4 mulai 26 Juli 2021 dan akan berlaku sampai 9 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut kebijakan PPKM Level 4 yang diterapkan 26 Juli sampai 2 Agustus 2021 membawa perbaikan di skala nasional. Salah satunya, menurunkan kasus harian dan kasus aktif Covid-19.

"PPKM level 4 yang diberlakukan tgl 26 Juli sampai dengan 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya. Baik konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan presentase BOR (tingkat keterisian tempat tidur)," kata Jokowi dalam konferensi pers, Senin 2 Agustus 2021.

 

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19