Sukses

Jusuf Kalla Akui PMI masih Butuh Banyak Donor Kovalesen

JK meminta kepada para penyintas Covid-19, berkenan mendonorkan konvalesennya demi membantu pasien-pasien yang masih berjuang melawan pandemi Corona.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PMI pusat, Jusuf Kalla (JK) meminta kepada para penyintas Covid-19, berkenan mendonorkan konvalesennya demi membantu pasien-pasien yang masih berjuang melawan pandemi Corona.

Sebab, menurut catatanya, saat ini PMI banyak kekurangan stok konvalesen setiap harinya.

"Permintaan Konvalesen semakin meningkat seiring dengan masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. Khusus DKI Jakarta sendiri paling tidak ada 300 pasien yang masuk waiting list setiap harinya," kata JK dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (3/8/2021).

JK mengungkapkan, saat ini PMI baru mampu memenuhi 100 permintaan konvalesen per harinya. Padahal, berdasar data PMI, akurasi kesembuhan terapi plasma konvalesen mencapai 99 persen.

"Setiap 100 pasien yang diberikan terapi tersebut 99 di antaranya dinyatakan sembuh," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ampuh

JK mengamini, meski belum ada obat yang terbukti aman dan efektif untuk menyembuhkan Covid-19.

Namun, penelitian telah membuktikan metode terapi plasma darah konvalesen yang diambil dari pasien yang telah sembuh dapat menolong pasien yang sedang menjalani perawatan Covid-19 di seluruh dunia.

Seperti diketahui, penggunaan terapi plasma konvalesen di Indonesia pertama kali digagas oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman bersama Palang Merah Indonesia pada April 2020 silam. Penggunaan terapi tersebut terbukti cukup ampuh untuk menolong pasien dengan kondisi kritis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.