Sukses

E-Commerce Indonesia Tingkatkan Inovasi Hadapi Pandemi Covid-19

Head of Corporate Communications Traveloka Reza Amirul Juniarshah menambahkan, berbagai inovasi dan inisiatif dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah berlangsung setahun lebih dan telah menghambat semua sektor kehidupan masyarakat. Untuk itu dibutuhkan langkah kolaborasi dan inovasi guna menghadapi pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir. 

Menyikapi hal ini, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan, dari sisi e-commerce, pihaknya terus berusaha melakukan inovasi agar konsumen nyaman untuk berbelanja online atau daring.

Selain itu, platform juga membuka kerja sama dengan retailer untuk semakin melengkapi kebutuhan konsumen.

"Jadi berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat supaya mereka tidak lagi terlalu sering harus berbelanja dengan cara konvensional," ujar Bima dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (30/7/2021).

Terpisah, Head of Corporate Communications Traveloka Reza Amirul Juniarshah menambahkan, berbagai inovasi dan inisiatif dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19. 

Di antaranya, Traveloka Clean Partners, mendorong para mitra untuk berkomitmen mendalam menerapkan protokol kesehatan tempat dan pelaku wisata tersebut. Meliputi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang ketat serta memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi mitra-mitra tersebut dengan melekatkan label khusus.

"Hingga saat ini, kami telah menggandeng lebih dari 2.200 mitra untuk Traveloka Clean Partners," katanya.

Reza juga mengatakan, beragam inovasi fitur seperti yang mengedepankan fleksibilitas bagi pengguna, seperti Online Xperience Tur Virtual, memberikan solusi alternatif untuk memperoleh pengalaman seru tanpa perlu meninggalkan rumah.

Selanjutnya ada Buy Now Stay/Fly/Use Later. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan berbagai kebutuhan gaya hidup di Traveloka dengan periode yang fleksibel sesuai kebutuhan.

Pay Upon Check In dan Easy Reschedule, menawarkan fleksibilitas pembayaran langsung saat check-in di hotel serta kemudahan dalam mengatur ulang periode inap maupun perjalanan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadirkan 450 Produk Layanan Tes Covid-19

Menurut Reza, pihaknya juga melakukan tes Covid-19, bekerja sama dengan lebih dari 30 mitra di seluruh Indonesia untuk menghadirkan 450 pilihan produk layanan tes Covid-19. Baik melalui In Clinic maupun Drive Thru.

"Produk ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap deteksi dini Covid-19 untuk memutus rantai penyebarannya," tutur dia. 

Traveloka Eats Delivery and Order Now, lanjut Reza, juga mendukung gerakan social distancing dan contactless order guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Saat ini, pihaknya bermitra dengan lebih dari 8 ribu restoran di kawasan Jakarta, Depok,Tangerang, Tangerang Selatan dan Bekasi untuk layanan pesan antar.

"Ada juga program Traveloka LIVE yang menghadirkan rekomendasi dan tur virtual secara livestream melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka," katanya.

Sebagai upaya mendukung program vaksinasi nasional pemerintah, Reza mengatakan, pihaknya juga mendirikan sentra vaksinasi yang dilakukan di beberapa kota. Seperti di Yogyakarta, April 2021, ada lebih 8.000 penerima vaksin dalam 5 hari pelaksanaan.

Di Tangerang Selatan, Mei 2021 ada lebih 4.000 penerima vaksin dalam 3 hari pelaksanaan. Vaksinasi juga dilakukan di Bandara Soekarno Hatta pada Juli 2021. Tercatat ada sekitar 14 ribu penerima vaksin dalam dua pekan pelaksanaan.

"Sentra vaksinasi juga dilakukan bersama Kemenparekraf dan MNC Peduli pada Juli2021. Ada sekitar 2300 penerima vaksin dalam 5 hari pelaksanaan," kata Reza

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.