Sukses

SBY Doakan Jokowi, Mahfud Md: Beliau Memang Selalu Mengajak Berdoa

Liputan6.com, Jakarta Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuliskan doa untuk kebaikan negeri melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (29/7/2021). SBY memanjatkan agar Tuhan menyelamatkan bangsa Indonesia dari wabah Covid-19.

Merespons hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengatakan bahwa SBY memang kerap mengajak untuk berdoa dalam beragam situasi.

"Saya kenal lama dengan Pak SBY. Sejak Pak SBY jadi Menkopolhukam dan saya Menhan di era Gus Dur memang beliau selalu mengajak berdoa. Pak SBY pernah bercerita bermimpi buruk tentang situasi negara, dia lalu mengajak saya berdoa," ujar Mahfud, Jumat (30/7/2021). 

"Itu juga sudah saya tulis di buku saya, 'Setahun Bersama Gus Dur' (2003). Saat saya Ketua MK dan Pak SBY jadi Presiden, juga selalu mengajak berdoa dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan," sambung dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengungkapkan, bahwa saat mendengar kabar Abdurrahman Wahid atau Gus Dur wafat, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengajak untuk melafalkan Alfatihah.

"Dalam pidato-pidato resminya dulu dia sering mengajak kita berdoa dan berjuang dengan sabar. Bahkan juga memimpin pembacaan surat Al Fatihah saat konferensi pers di Istana ketika ada berita Gus Dur wafat. Memang kenapa, kok berdoa saja jadi berita?" tanyanya.

2 dari 3 halaman

Berdoa untuk Jokowi

Sebelumnya, SBY memanjatkan doa lewat akun Twitter-nya. SBY meminta agar Tuhan membimbing Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi supaya bisa keluar dari pandemi Covid-19.

"Tuhan, seraya gigih berikhtiar, kami tetap memohon kemurahan hati-Mu. Selamatkan negeri kami dan kami semua. Bimbinglah pemerintah kami dan juga kami masyarakat Indonesia agar dapat mengatasi pandemi besar ini. Amin. *SBY*" tulis SBY.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: