Sukses

Megawati Beri PR ke Anak Indonesia: Dari Mana Asal Kodok?

Liputan6.com, Jakarta Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri berharap anak-anak Indonesia rajin belajar dan memilki cita-cita besar. Dia menilai, hal tersebut, merupakan modal bagi masa depan bangsa dan diri sendiri.

“Anak-anakku di seluruh Tanah Air harus mempunyai cita cita yang besar. Jadikanlah dirimu selalu maju ke depan mempelajari hal-hal yang berguna bagi masa depan bangsa dan bagi dirimu sendiri. Perkuatlah rasa percaya diri karena bangga dengan jati diri dan kebudyaaan bangsamu itulah yang akan mengangkat kamu," kata Megawati saat hadir dalam Puncak Hari Anak Nasional secara virtual, Jumat (23/7/2021).

Untuk menggapai cita-cita, Mega menyarankan agar tidak hanya pandai di sekolah melainkan juga tetap belajar kepada alam. Megawati lantas memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada anak untuk mengetahui asal kodok dan kupu-kupu.

“Ibu ingin bertanya, nanti ini PR, dari manakah asal kodok? Dari manakah asal kupu-kupu? Banyak anak sekarang tidak mengetahui, jadi itu PR ya dari Ibu,” kata Megawati.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Cita-Cita Setinggi Bintah di Langit

Mega juga meminta agar anak tidak terpaku hanya pada pelajaran formal dan belajar di ruang kelas, melainkan juga belajar di alam.

"Jangan sekali kali jangan terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Karena kalau dihitung kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari jadi hari jam-jam kelebihan itu carilah pengetahuan di mana saja. Kita bisa melihat guru yang paling baik itu adalah alam semesta," ujar Mega.

Ketum PDIP itu menyebut cita-cita anak Indonesia harus optimistis. Dia juga meminta agar anak-anak Indonesia memiliki cita-cita setinggi bintang di langit.

"Bung Karno bapak bangsa kita pernah mengatakan, gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit, kenapa? Kalau kamu jatuh jatuhnya ke bintang-bintang tersebut, alangkah indahnya mimpi seperti itu," pungkasnya.